Nilai-nilai karakter pada ekstrakurikuler seni tari di SDN 2 Gandusari Kabupaten Trenggalek / Nabila Putri Pembayun

Pembayun, Nabila Putri (2019) Nilai-nilai karakter pada ekstrakurikuler seni tari di SDN 2 Gandusari Kabupaten Trenggalek / Nabila Putri Pembayun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pembayun, Nabila Putri. 2019. Nilai-Nilai Karakter pada Ekstrakurikuler Seni Tari di SDN 2 Gandusari Kabupaten Trenggalek . Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sutarno, M.Pd (II) Retno Tri Wulandari, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : nilai karakter, ekstrakurikuler seni tari, SDN 2 Gandusari Nilai karakter merupakan tolok ukur yang dapat digunakan sebagai patokan dalam bersikap, bertindakan dan bertingkah laku yang dapat mencerminkan watak dari seseorang yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik. Pendidikan saat ini perlu pengembangan kemampuan dan pembentukan karakter peserta didik untuk mempengaruhi peningkatan mutu sumber daya manusia. Sekolah selaku lembaga pendidikan mempunyai kewajiban untuk meningkatkan martabat, kecerdasan dan karakter peserta didik melalui kegiatan yang ada disekolah. Salah satu kegiatan yang dapat digunakan untuk memberikan pembelajaran tentang nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Sehingga perlu dilakukan penelitian tentang “Nilai-Nilai Karakter pada Ekstrakurikuler Seni Tari di SDN 2 Gandusari Kabupaten Trenggalek”. Tujuan peneilitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai karakter pada ekstrakurikuler seni tari dan mendeskripsikan nilai karakter apasaja yang terdapat dalam ekstrakurikuler seni tari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Peneliti sebagai insrumen penelitian utama dengan sumber data penelitian ini yaitu proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai karakter yang terdapat pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SDN 2 Gandusari yaitu implementasi nilai karakter pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari yang digunakan pelatih yaitu melalui pemberian contoh langsung dari pelatih, melalui pembiasaan, pelatih menciptakan kedekatan dengan peserta didik. Nilai karakter nasionalis, nilai karakter integritas, nilai karakter gotong royong, dan nilai karakter mandiri. Nilai karakter mandiri belum terlihat, kreatifitas peserta didik belum terlihat pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada kepala sekolah untuk. Sekolah dapat lebih memotivasi peserta didiknya untuk mengikuti ekstrakurikuler seni tari agar peserta didik mendapat pengalaman dan dapat melatih keberanian dan rasa percaya dirinya. Kepada pelatih hendaknya lebih mengasah kreatifitas peserta didik, dan untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian yang berhubungan dengan kesulitan pelatih menerapkan nilai karakter pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70643

Actions (login required)

View Item View Item