Analisis nilai-nilai karakter dalam kegiatan literasi pada siswa kelas III SDN Bunulrejo 2 Kota Malang / Rahmat Bima Pangestu

Pangestu, Rahmat Bima (2019) Analisis nilai-nilai karakter dalam kegiatan literasi pada siswa kelas III SDN Bunulrejo 2 Kota Malang / Rahmat Bima Pangestu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Pangestu, Rahmat Bima. 2019.Analisis Nilai-nilai Karakter dalam Kegiatan Literasi pada Siswa Kelas III SDN Bunulrejo 2 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sutarno, M.Pd., (II) Drs. Imron Rosyadi SY., S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Nilai-nilai, Karakter, Literasi Kegitan literasi merupakan salah satu dari delapan cara untuk implementasi PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) berbasis budaya sekolah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) diharapkan mampu menumbuhkembangkan karakter peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai karakter dalam tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran kegiatan literasi kelas III SDN Bunulrejo 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif deskripstif untuk mengungkapkan data penelitian tentang analisis nilai-nilai karakter dalam kegiatan literasi pada siswa kelas III SDN Bunulrejo 2 Kota Malang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman dengan proses analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan peneliti diperoleh hasil penelitian yakni nilai karakter disiplin, nilai karakter gemar membaca, nilai karakter rasa ingin tahu, nilai karakter kreatif, dan nilai karakter tanggung jawab pada tahap pembiasaan yakni dengan kegiatan pembiasaan mematuhi perintah guru, kegiatan membaca 15 menit diawal pembelajaran, penggunaan media literasi, membuat cerita dengan diberi hiasan gambar, piket kelas. Tahap pengembangan yakni dengan kegiatan pengembangan dalam berdiskusi kelompok, membaca menggunakan strategi, membuat karya sederhana, dan memberikan gagasan dalam diskusi kelompok. Tahap pembelajaran yakni dengan kegiatan merapikan bangku, membaca buku cerita, siswa aktif bertanya, bermain peran, menjaga atribut/media dalam bermain peran. Kegiatan literasi pada setiap tahapan yaitu pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran diharapkan lebih divariasikan lagi oleh guru. Selain itu yang perlu menjadi perhatian yaitu pengoptimalan fungsi perpustakaan dan taman sebagai sarana atau sumber literasi yang menarik, penambahan kegiatan sederhana/dapat dijangkau dan tidak membosankan, kegiatan pembagian siswa untuk menjadi pemain peran haruslah merata agar siswa tidak merasa kecewa yang akhirnya akan berdampak buruk pada karakter atau sifatnya yang kurang percaya diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70640

Actions (login required)

View Item View Item