Zulfa, Indana (2019) Peningkatan hasil belajar siswa kelas V materi volume bangun ruang melalui model pembelajaran open ended di SDN Turi 01 Kota Blitar / Indana Zulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vi RINGKASAN Zulfa Indana. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Volume Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaran Open Ended di SDN Turi 01 Kota Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Yuniawatika S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. Kata Kunci hasil belajar volume bangun ruang model Open Ended. Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang sangat penting untuk dipelajari dan konsep matematika dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Turi 01 Kota Blitar diketahui bahwa sebanyak 27 siswa (79%) mendapatkan nilai di bawah KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 70. Hal ini disebabkan siswa belum memahami konsep volume bangun ruang menentukan volume bangun ruang dan belum bisa menerapkan rumus ke dalam soal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan penerapan model pembelajaran Open Ended dalam meningkatkan hasil belajar materi volume bangun ruang (2) menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa materi volume bangun ruang melalui penerapan model pembelajaran Open Ended. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran Open Ended mengalami peningkatan dari baik menjadi sangat baik. Peningkatan persentase kemapuan guru dari 80% menjadi 94%. Kemampuan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari cukup menjadi sangat baik. Peningkatan persentase kemampuan siswa dari 74% menjadi 92%. Penerapan model pembelajaran Open Ended juga mengingkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar pengetahuan siswa berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh mengalami peningkatan dari cukup (73) menjadi baik (84). Sedangkan secara klasikal persentase ketuntasan belajar mengalami peningkatan dari 60 5% dengan kriteria kurang menjadi 91% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar keterampilan siswa dalam menyelesaikan masalah terbuka secara mandiri mengalami peningkatan dari sangat kurang (57 5%) menjadi baik (86 5%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Open Ended yang dilaksanakan guru dan diikuti siswa dengan sangat baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Turi 01 Kota Blitar pada materi volume bangun ruang. Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran Open Ended ini dalam pembelajaran matematika agar keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/70639 |
Actions (login required)
View Item |