Pengaruh model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar / Aris Sugiharti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar / Aris Sugiharti

Sugiharti, Aris (2019) Pengaruh model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar / Aris Sugiharti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Sugiharti Aris. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Drs. Suhartono S.Pd M.Pd. (II) Puri Selfi Cholifah S.Pd M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran CRH (Course Review Horay) Hasil Belajar Pembelajaran pada kurikulum 2013 dilaksanakan dengan pendekatan tematik terpadu (integratif). Pembelajaran dengan pendekatan tematik terpadu (integratif) di SD berpusat pada peserta didik agar peserta didik aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran yang membuat peserta didik aktif juga dapat membuat peserta didik menjadi termotivasi untuk belajar. Peserta didik yang termotivasi untuk belajar akan tertarik dengan berbagai tugas belajar menunjukkan ketekunan tinggi dan variasi aktivitas belajarnya juga lebih banyak. Sehingga peserta didik yang aktif dalam pembelajaran nantinya akan dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Penerapan model pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif merupakan salah satu cara agar peserta didik aktif dan termotivasi dalam pembelajaran. Model pembelajaran CRH (Course Review Horay) adalah contoh model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik berpartisipasi aktif dan termotivasi untuk belajar sehingga akan dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Hermawan (2012) dengan judul Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar IPA menunjukkan hasil bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV SD se-Gugus R.A Kartini Kemusu Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) lebih baik. Berbeda dengan penelitian yang dilakukan oleh Muhandaz (2018) dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru menunjukkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan model Course Review Horay dengan kelas kontrol yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan hasil penelitian tersebut maka layak untuk dilakukan penelitian sejenis tentang pengaruh penerapan model pembelajaran CRH (Course Review Horay). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian kuasi eksperimen. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes yang terdiri dari soal pre-test dan soal post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes. Analisis data dilakukan setelah mendapatkan beberapa data. Analisis data dalam penelitian ini vii menggunakan analisis statistik uji-t untuk menguji signifikansi perbedaan hasil belajar peserta didik antara pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran CRH (Course Review Horay) dengan pembelajaran yang tidak menerapkan model pembelajaran CRH (Course Review Horay). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen yaitu 58 4 sedangkan rata-rata nilai pre-test kelas kontrol yaitu 56 6. Selanjutnya rata-rata nilai post-test kelas eksperimen yaitu 74 77 sedangkan rata-rata nilai post-test kelas kontrol yaitu 60 45. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dapat diketahui bahwa nilai Sig (2-tailed) 0 000. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis dengan Independet sample t-test bahwa jika nilai nilai Sig (2-tailed) 61500 0.05 maka Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh penerapan model pembelajaran CRH (Course Review Horay) terhadap hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang menyenangkan seperti model pembelajaran CRH (Course Review Horay) sebaiknya diterapkan dalam pembelajaran di kelas karena dapat memberikan motivasi dan meningkatkan keaktifan peserta didik sehingga nantinya akan dapat mempengaruhi hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70634

Actions (login required)

View Item View Item