Pengembangan modul pembelajaran matematika materi pecahan untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Nita Nur Sholeha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran matematika materi pecahan untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Nita Nur Sholeha

Sholeha, Nita Nur (2019) Pengembangan modul pembelajaran matematika materi pecahan untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Nita Nur Sholeha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sholeha Nita Nur. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ni Luh Sakinah Nuraini S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Harti Kartini M.Pd. Kata Kunci Modul Pembelajaran Pecahan Sekolah Dasar Bahan ajar merupakan salah satu penunjang pembelajaran. Berdasarkan studi pendahuluan di SDN Kotalama 4 Kota Malang ditemukan permasalahan mengenai bahan ajar yang digunakan dan hasil belajar siswa yang masih kurang dalam memahami mata pelajaran matematika khususnya pada konsep pecahan. Dari permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul dengan materi pecahan. Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dapat dipelajari siswa secara mandiri. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika materi pecahan yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan model Dick Carey and Carey. Adapun prosedur penelitian dan pengembangan yang dilakukan dalam pengembangan modul yaitu (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) menganalisis pebelajar dan konteks/keadaan (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan ajar (8) merancang dan melaksanakan evaluasi (9) merevisi bahan ajar. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan dari segi isi mengandung 3 sub materi yaitu pengertian pecahan pecahan senilai dan bentuk-bentuk pecahan penyajian modul memperhatikan sistematika penulisan (pendahuluan isi dan penutup) bahasa yang digunakan menggunakan bahasa yang komunikatif desain modul full colour menggunakan satu jenis huruf. Produk yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid sangat praktis dan efektif. Berdasarkan hasil reviu konsultan ahli materi pembelajaran produk mendapatkan kriteria sangat valid dengan persentase 94% dan hasil reviu konsultan ahli media mendapatkan kriteria valid dengan persentase 79%. Uji formatif guru diperoleh persentase kepraktisan 96% dan dan uji formatif siswa diperoleh persentase kepraktisan rata-rata 95%. Modul pembelajaran dikatakan efektif jika ada peningkatan hasil belajar antara sebelum dan sesudah penggunaan modul. Peningkatan ini dilihat dari hasil pre test dan post test siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70631

Actions (login required)

View Item View Item