Analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran tematik kelas V di SDN Polehan 4 Kota Malang / Sriwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran tematik kelas V di SDN Polehan 4 Kota Malang / Sriwati

Sriwati (2019) Analisis keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran tematik kelas V di SDN Polehan 4 Kota Malang / Sriwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Sriwati. 2019. Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN Polehan 4 Kota Malang. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutarno M.Pd. (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd M.Pd. Kata Kunci keterampilan berpikir tingkat tinggi pembelajaran tematik sekolah dasar Pada abad 21 harus memiliki keterampilan 4Cs (berpikir kritis kolaborasi komunikasi dan kreatif). Dengan adanya pembelajaran HOTS akan melatih siswa untuk menghadapi abad 21 serta menghasilkan generasi muda yang dapat memecahkan masalah dan mengambil keputusan dimasa depan. Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah suatu proses berpikir kompleks dalam menguraikan isi materi mengambil keputusan memecahkan masalah membangun konsep/ide dengan bahasa sendiri dan diungkapkan kembali menganalisis membangun hubungan dengan melibatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Untuk mengimplementasikan HOTS di Indonesia diterapkan pada Kurikulum 2013 dikarenakan pembelajaran HOTS sangat penting untuk menghasilkan generasi muda yang berkompeten dan siap menghadapi tantangan globalisasi dan tuntutan masyarakat Indonesia pada masa depan dan internasional. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran Tema 8 kelas V SDN Polehan 4 kota Malang yaitu (1) pada kegiatan pembelajaran di RPP (2) pada bentuk pertanyaan yang dibuat guru pada saat pembelajaran dan (3) pada soal evaluasi yang dibuat guru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pada setiap sub yang diteliti ditinjau dari kategori HOTS yang telah dibuat berupa instrumen. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis data dan pengecekkan keabsahan temuan. Hasil penelitian ini pada kegiatan pembelajaran sudah HOTS yaitu ditemukannya kegiatan pembelajaran sesuai dengan kategori HOTS sebanyak 189 kegiatan pembelajaran yang terdiri dari 25 kegiatan pembelajaran kategori kognitif 153 kegiatan pembelajaran kategori berpikir kritis dan 11 kegiatan pembelajaran kategori pemecahan masalah. Untuk bentuk pertanyaan yang dibuat oleh guru sudah HOTS ditemukan sebanyak 108 pertanyaan yaitu 77 pertanyaan inferensial 28 pertanyaan interpretasi 1 pertanyaan transfer dan 2 pertanyaan hipotetik. Sedangkan untuk soal evaluasi yang dibuat oleh guru ditemukan 9 soal yang terdiri dari 4 soal pada level C3 (mengaplikasikan) dan 5 pada level C4 (menganalisis). Berdasarkan data diatas dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran dalam RPP dan bentuk pertanyaan yang dibuat guru pada pembelajaran Tema 8 sudah memenuhi kriteria pembelajaran HOTS. Namun ada beberapa indikator vii yang belum muncul dan porsi untuk setiap indikator masih belum seimbang. Sedangkan untuk soal evaluasi yang dibuat guru masih kurang bisa menerapkan pada level C4 sampai C6 dan hanya terpaku pada level C1 dan C2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70628

Actions (login required)

View Item View Item