Peningkatan hasil belajar menggali pengetahuan baru melalui teknik membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN 4 Watuagung Kabupaten Trenggalek / Mira Alfiana

Alfiana, Mira (2019) Peningkatan hasil belajar menggali pengetahuan baru melalui teknik membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN 4 Watuagung Kabupaten Trenggalek / Mira Alfiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Alfiana, Mira. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Menggali Pengetahuan Baru Melalui Teknik Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Watuagung Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Tri Murti, S.Pd., M.Pd., (2) Dra. Sutansi, M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, membaca pemahaman, menggali pengetahuan baru Permasalahan yang didapatkan dari pelaksanaan observasi di kelas IV SDN 4 Watuagung Kabupaten Trenggalek adalah dalam pembelajaran guru belum menggunakan teknik yang inovatif agar mendukung pembelajaran di kelas, metode yang digunakan guru hanya hanya sebatas ceramah, tanya jawab, penugasan, serta diskusi kelompok tanpa diberikannya suatu teknik membaca sehingga kemampuan membaca siswa menjadi kurang terasah, guru belum melakukan kegiatan evaluasi di akhir pembelajaran. Selain observasi juga dilakukan wawancara yang menghasilkan data bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menemukan pengetahuan baru dari teks bacaan karena tingkat pemahaman siswa terhadap isi teks bacaan masih rendah. Pengetahuan baru yang didapat siswa hanya sebatas pengetahuan dari jawaban LKS saja. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan agar dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi menggali pengetahuan baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa beserta guru kelasnya. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik membaca pemahaman dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 74,85% dengan predikat ketuntasan cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu diperoleh persentase sebesar 97% dengan predikat sangat baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa pada siklus I sebesar 77,5% dengan predikat ketuntasan baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 87% dengan predikat ketuntasan sangat baik. Pada tahap pratindakan diperoleh hasil bahwa persentase ketuntasan siswa hanya 35,7%. Pada siklus II telah mengalami peningkatan yaitu persentase ketuntasan siswa menjadi 93%. Hasil penilaian keterampilan pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai 68-100 yaitu sebanyak 13 siswa, pada siklus II menjadi 14 siswa. Dari pernyataan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa jika teknik membaca pemahaman diterapkan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah yang ada maka aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa dalam menggali pengetahuan baru akan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70625

Actions (login required)

View Item View Item