Analisis butir soal Penilaian Akhir Semester (PAS) tematik kelas V tahun ajaran 2018-2019 di SDN se-kecamatan Manguharjo Kota Madiun / Laras Zakkia Sofiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis butir soal Penilaian Akhir Semester (PAS) tematik kelas V tahun ajaran 2018-2019 di SDN se-kecamatan Manguharjo Kota Madiun / Laras Zakkia Sofiana

Sofiana, Laras Zakkia (2019) Analisis butir soal Penilaian Akhir Semester (PAS) tematik kelas V tahun ajaran 2018-2019 di SDN se-kecamatan Manguharjo Kota Madiun / Laras Zakkia Sofiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Sofiana Laras Zakkia. 2019. Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Tematik Kelas V Tahun Ajaran 2018/2019 di SDN Se-Kecamatan Manguharjo Kota Madiun. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Harti Kartini M.Pd. (II) Dra. Siti Umayaroh S Pd M.Pd. Kata Kunci analisis butir soal validitas reliabilitas daya beda tingkat kesukaran Penilaian Akhir Semester merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur hasil belajar siswa selama satu semester. Penilaian Akhir Semester dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda isian singkat dan uraian. Pada hasil observasi awal diketahui bahwa guru belum mengetahui secara pasti manfaat dari analisis butir soal. Penelitian ini bertujuan menggambarkan validitas reliabilitas daya beda dan tingkat kesukaran soal. Analisis tersebut dilakukan secara konvensional. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Pendekatan kuantitatif dipilih karena hasil anailisis berupa angka sedangkan jenis penelitian dipilih karena penelitian dilakukan pada objek yang te ah terjadi atau telah dilaksanakan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 786 lembar jawaban PAS siswa kelas V dari 19 SDN di Kecamatan Manguharjo dan sampel yang diambil sebanyak 265 lembar jawaban dari 9 SDN dengan menggunakan teknik area nonproportional random sampling. Data yang diambil yaitu identitas dan lembar jawaban soal PAS siswa. Data tersebut dianalisis menggunakan program ITEMAN versi 4.4. Hasil analisis menunjukkan soal PAS Tematik Kelas V Tahun Ajaran 2018/2019 di SDN se-Kecamatan Manguharjo Kota Madiun tersebut memiliki validitas dengan kategori cukup 11 9% rendah 50% dan sangat rendah 38 1%. Reliabilitas dengan kategori cukup dan satu tema yaitu tema 3 memiliki kategori tinggi. Daya beda dengan kategori jelek 22 1% cukup 29 7% baik 34 7% dan baik sekali 13 5%. Untuk tingkat kesukaran memiliki kategori sukar 8 5% sedang 28 8% dan mudah 62 7%. Dari proporsi tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa validitas tergolong rendah reliabilitas tergolong cukup daya beda tergolong baik dan tingkat kesukaran menunjukkan bahwa soal belum proporsional karena lebih banyak soal mudah. Dari hasil analisis tersebut di harapkan soal yang sudah baik dari segi validitas reliabilitas daya beda dan tingkat kesukaran dapat disimpan di bank soal untuk digunakan kembali. Soal yang belum baik dapat direvisi atau diganti dengan soal lain dengan harapan hasil dari soal yang digunakan pada Penilaian Akhir Semester dapat benar-benar menggambarkan kemampuan siswa. Sebelum soal digunakan secara srentak akan lebih baik jika dilakukan pengecekan ulang terhadap kunci jawaban agar tidak terjadi kesalahan kunci jawaban sehingga ketika di analisis hasilnya sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70624

Actions (login required)

View Item View Item