Peningkatan hasil belajar menuliskan kembali pengetahuan baru dengan bahasa sendiri melalui model concept sentence pada siswa kelas IV SDN Tanggung 1 Kota Blitar / Riska Dwi Damayanti

Damayanti, Riska Dwi (2019) Peningkatan hasil belajar menuliskan kembali pengetahuan baru dengan bahasa sendiri melalui model concept sentence pada siswa kelas IV SDN Tanggung 1 Kota Blitar / Riska Dwi Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Damayanti, Riska Dwi. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Menuliskan Kembali Pengetahuan Baru dengan Bahasa Sendiri Melalui Model Concept Sentence Pada Siswa Kelas IV SDN Tanggung 1 Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Tri Murti, S.Pd., M.Pd, (II) Dra. Hj. Sri Murdiyah., M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran concept sentence, menuliskan kembali pengetahuan baru dengan bahasa sendiri. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Tanggung 1 Kota Blitar diketahui bahwa: (1) guru dalam pembelajaran bahasa hanya menggunakan metode konvensional, (2) tidak memanfaatkan media sehingga siswa kesulitan memahami materi, (3) menulis adalah keterampilan yang paling sulit bagi siswa, dan (4) hanya 23,33% yang mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran concept sentence dalam pembelajaran materi menulis kembali pengetahuan baru dengan bahasa sendiri, dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model concept sentence. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tanggung 1 Kota Blitar sebanyak 30 siswa dan guru model. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model concept sentence menuliskan kembali pengetahuan baru menggunakan bahasa sendiri dapat meningkatkan aktivitas maupun hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase aktivitas guru sebesar 85,74% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 85,74% meningkat pada siklus II menjadi 100%. Hasil belajar aspek sikap pada siklus I yaitu tanggung jawab dan keberanian masih perlu ditingkatkan. Pada siklus II hasil sikap kerja sama dan tanggung jawab meningkat tetapi perlu perbaikan pada aspek keberanian. Hasil belajar aspek keterampilan siklus I persentase 60% kriteria kurang, meningkat pada siklus II menjadi persentase 93,33% dengan kriteria sangat baik. Pada aspek pengetahuan siklus I rata-rata 60 ketuntasan klasikal 50% kriteria kurang, meningkat menjadi rata-rata 84 persentase 90% kriteria sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model concept sentence dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru serta siswa. Oleh karena itu, hendaknya guru menggunakan model concept sentence sehingga siswa lebih aktif mengikuti proses pembelajaran, memberikan motivasi kepada siswa agar berani mengungkapkan pendapat dan bertanya, serta pengoptimalan penggunaan gambar serta kata kunci untuk menyampaikan materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70623

Actions (login required)

View Item View Item