Peningkatan hasil belajar menulis surat undangan tidak resmi melalui strategi guided writing pada siswa kelas V SDN Talun 02 Kabupaten Blitar / Wiwik Kurniawati

Kurniawati, Wiwik (2019) Peningkatan hasil belajar menulis surat undangan tidak resmi melalui strategi guided writing pada siswa kelas V SDN Talun 02 Kabupaten Blitar / Wiwik Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Kurniawati, Wiwik. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Menulis Surat Undangan Tidak Resmi melalui Strategi Guided Writing pada Siswa Kelas V SDN Talun 02 Kabupaten Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Alif Mudiono, M.Pd., (II) Dra. Sutansi, M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, surat undangan, strategi guided writing Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 3 Desember 2018 di kelas V SDN Talun 02 Kabupaten Blitar pada pembelajaran bahasa Indonesia menunjukkan dalam proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan dalam menulis surat undangan tidak resmi, kesulitan tersebut disebabkan kurangnya bimbingan guru dalam kegiatan menulis surat, guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan. Guru tidak menggunakan strategi atau media pembelajaran yang menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi guided writing dalam meningkatkan hasil belajar menulis surat undangan tidak resmi dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa materi menulis surat undangan tidak resmi melalui penerapan strategi guided writing Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpul data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi guided writing dilaksanakan dengan baik dan sesuai langkah-langkah strategi guided writing oleh guru. Pada tahap pratindakan persentase aktivitas guru sebesar 53%. Pada siklus I persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 86,7% meningkat pada siklus II sebesar 100%. Persentase ratarata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 73,5%, meningkat menjadi 97,35% pada siklus II. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan meningkat dari rata-rata persentase sebesar 35,7% pada tahap pratindakan menjadi 75,5% pada siklus I dan pada siklus II meningkat sebesar 100%. Pada aspek keterampilan diperoleh persentase rata-rata siklus I sebesar 61% dan meningkat pada siklus II sebesar 92,85%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi guided writing pada materi menulis surat undangan tidak resmi dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Dari pemaparan tersebut, disarankan guru menerapkan strategi guided writing agar siswa dapat menulis surat undangan tidak resmi tanpa mengalami kesulitan, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70622

Actions (login required)

View Item View Item