Peningkatan hasil belajar materi menemukan kosakata melalui scrabble game siswa kelas I SDN 2 Getas Kabupaten Nganjuk / Ganes Bening Mahardika

Mahardika, Ganes Bening (2019) Peningkatan hasil belajar materi menemukan kosakata melalui scrabble game siswa kelas I SDN 2 Getas Kabupaten Nganjuk / Ganes Bening Mahardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Mahardika, Ganes Bening. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Materi Menemukan Kosakata Melalui Scramble Game Siswa Kelas I SDN 2 Getas Kabupaten Nganjuk. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sutansi, M.Pd., (2) Dra. Tri Murti, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: hasil belajar, menemukan kosakata, model scramble game Hasil observasi terhadap pembelajaran menemukan kosakata di kelas I SDN 2 Getas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menemukan kosakata tergolong ren-dah. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena di dalam pembelajaran tidak ada kegiatan yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran, pembelajaran cenderung monoton karena didominasi oleh guru, siswa belum mampu memilah kata karena kurangnya informasi yang diberikan guru, serta siswa sulit dikondisikan menyebabkan suasana pembelajaran tidak kondusif. Selain itu tidak adanya penguatan dan evaluasi menyebabkan siswa menjadi tidak mema-hami letak kesalahannya dalam menemukan kosakata tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model scramble game dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menemukan kosakata dengan menggunakan model scramble game. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan pene-litian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahap peerncanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalahsiswa kelas I SDN 2 Getas Kabupaten Nganjuk sebanyak 18 siswa dan guru model. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan metode scramble game dalam menemukan kosakata dapat meningkatkan aktivitas maupun hasil belajar siswa. Pada siklus I presentase aktivitas guru seebsar 90% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 90% meningkat pada siklus II menjadi 100%. Hasil belajar aspek sikap kerjasama dan tanggung jawab belum telihat pada beberapa siswa namun pada siklus II aspek sikap kerjasama dan tanggung jawab siswa sudah muncul semua. Hasil belajar pada aspek keterampilan pada siklus I dengan presentase 52,75%, meningkat pada siklus II dengan presentase 97,47%. Pada aspek pengetahuan siklus I rata-rata 72,61 dengan presentase KBK 55,55% dengan kriteria kurang, meningkat pada siklus II dengan rata-rata 88,83 dengan presentase KBK 100% berpredikat sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model scramble game dalam pembelajaran menemukan kosakata dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 2 Getas. Dengan demikian, seharusnya guru menerapkan model scramble game dalam pembelajaran menemukan kosakata untuk meningkatkan keantusiasan siswa dalam pembelajaran dan menumbuhkan sikap kompetitif dalam diri siswa sehingga pembelajaran dalam terlaksana dengan baik dan kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70620

Actions (login required)

View Item View Item