Analisis keterbacaan teks non-sastra berdasarkan kriteria SMOG pada buku siswa kelas II SD semester 1 / Okhti Harlina Zahrotul Fatkhiah

Fatkhiah, Okhti Harlina Zahrotul (2019) Analisis keterbacaan teks non-sastra berdasarkan kriteria SMOG pada buku siswa kelas II SD semester 1 / Okhti Harlina Zahrotul Fatkhiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Fatkhiah, Okhti Harlina Zahrotul. 2019. Analisis Keterbacaan Teks Non-Sastra Berdasarkan Kriteria SMOG pada Buku Siswa II SD Semester 1. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Achmad Taufiq, M.Pd., (II) Titis Angga Rini, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Teks Nonsastra, Buku Siswa, SMOG Buku siswa bersifat tematik-integratif dan tidak lepas dari adanya teks bacaan, yang terdiri atas non-sastra dan sastra. Teks non-sastra sering digunakan dan muncul dalam buku siswa karena berisi materi pokok yang harus dipahami siswa. Hasil observasi sebelumnya, menunjukkan bahwa ada teks non-sastra yang tidak sesuai dengan tingkat pemahaman siswa. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang tingkat keterbacaan teks non sastra pada buku siswa kelas II semester 1 di sekolah dasar berdasarkan kriteria SMOG. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis isi berupa teks bacaan non-sastra pada buku siswa kelas II SD. Data yang diperoleh berupa tingkat keterbacaan teks non-sastra dengan jenis teks prosedur, deskriptif, eksposisi, dan persuasi yang pada buku siswa kelas II SD dengan jumlah keseluruhan teks yang dianalisis sebanyak 35 teks. Prosedur pengumpulan data dimulai dari perencanaan, memulai pengumpulan data, pengumpulan data dasar, pengumpulan data penutup, melengkapi. Analisis data menggunakan tahap analisis isi. Hasil penelitian analisis tingkat keterbacaan teks non-sastra pada buku siswa kelas II SD semester 1 menunjukkan bahwa terdapat teks yang tingkat keterbacaannya berdasarkan kriteria SMOG tidak sesuai untuk usia 8 tahun, yaitu 3 teks prosedur, 3 teks deskriptif, 12 teks eksposisi, 8 teks persuasi; sedangkan teks yang sesuai, yaitu 1 teks deskriptif, 2 teks eksposisi, 6 teks persuasi. Kesimpulan dari hasil analisis dan pembahasan penelitian ini yaitu, dari 35 teks non-sastra pada buku siswa kelas II SD semester 1 (tema 1. Hidup Rukun, tema 2. Bermain di Lingkunganku, tema 3.Tugasku Sehari-hari, tema 4.Hidup Bersih dan Sehat) revisi 2017 terdapat 9 teks non-sastra yang tingkat keterbacaannya sesuai untuk usia 8 tahun dan teks non-sastra lainnya sebanyak 26 teks tingkat keterbacaannya tidak sesuai untuk usia 8 tahun berdasarkan kriteria SMOG. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pihak guru kelas II agar membuat teks bacaan yang sesuai usia siswanya berdasarkan kriteria SMOG, pihak sekolah dapat memilih sumber belajar yang sesuai untuk usia 8 tahun, pihak penulis buku agar lebih memperhatikan penggunaan kalimat dan kata teks bacaan berdasarkan kriteria SMOG , dan untuk peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian yang serupa atau berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70618

Actions (login required)

View Item View Item