Integrasi nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran tema 7 di kelas III SD Negeri Bareng 3 Kota Malang / Kartika Nanda Putri

Putri, Kartika Nanda (2019) Integrasi nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran tema 7 di kelas III SD Negeri Bareng 3 Kota Malang / Kartika Nanda Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi Ringkasan Putri, Kartika Nanda. 2019. Integrasi Nilai-nilai Karakter dalam Proses Pembelajaran Tema 7 di Kelas III SD Negeri Bareng 3 Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd, (II) Drs. M. Imron Rosyadi Sy. S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Integrasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik Integrasi praktik pendidikan karakter di sekolah dasar ke dalam berbagai mata pelajaran yang ada di SD sudah diterapkan sejak awal 2016 menggunakan pendekatan khusus dalam penanaman nilai-nilai karakter kepada siswa. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Integrasi nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran, (2) Nilai-nilai karakter yang di integrasikan, (3) Nilai-nilai karakter yang tampak pada diri siswa dalam proses pembelajaran di SDN Bareng 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian di SDN Bareng 3 Kota Malang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), guru, dan siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verification. Pengecekan keabsahan temuan dengan menggunakan ketekunan pengamatan, dan triangulasi metode. Hasil penelitian guru kelas sudah mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan guru mengintegrasikan melalui RPP, pendekatan, metode, dan strategi serta tujuan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran diintegrasikan ke dalam kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Evaluasi masih belum sepenuhnya dilakukan oleh guru. Karakter yang tampak pada diri siswa terdapat 24 karakter yaitu (1) religius, (2) toleransi, (3) menghargai perbedaan agama dan kepercayaan, (4 ) percaya diri, (5) mencintai lingkungan,(6) nasionlais, (7) apresiasi budaya sendiri, (8) cinta tanah air,(9) disiplin, (10) menghormati keragaman budaya suku dan agama, (11) mandiri, (12) kreatif, (13) keberanian, (14) gotong royong, (15) menghargai, (16) kerjasama, (17) tolong menolong, (18) integritas, (19) kejujuran, (20) tanggung jawab, (21) komunikatif, (22)gemar membaca, (23) demokratis, (24) dan rasa ingin tahu. Berdasarkan penelitian diatas, guru sudah mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran tematik melalui tahap perencanaa, pelaksanaan, evaluasi. Dapat disarankan agar guru dapat memperbaiki proses evaluasi dalam pembelajaran. Serta guru disarankan untuk mengebangkan dan menanamkan nilai-nilai yang belum muncul dalam proses pembelajaran. Bagi peneliti lain, diharapkan mampu untuk mengembangkan penelitian terkait dengan fokus dan cakupan yang lebih luas dengan menggunakan metodelogi penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70617

Actions (login required)

View Item View Item