Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada muatan IPS tema 8 di kelas V SDN Penanggungan Kota Malang / Vialina Septiyastuti Pamuji

Pamuji, Vialina Septiyastuti (2019) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada muatan IPS tema 8 di kelas V SDN Penanggungan Kota Malang / Vialina Septiyastuti Pamuji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pamuji, Vialina Septiyastuti. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Muatan IPS Tema 8 di Kelas V SDN Penanggungan Kota Malang. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sutarno, M. Pd., (2) Dra. Nur Hanifah, M. Pd. Kata Kunci: Peningkatan, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning Berdasarkan permasalahan yang ditemukan di kelas VC SDN Penanggungan yaitu, 1) kurangnya kegiatan pembelajaran yang mengasah kemampuan berpikir kritis siswa saat pembelajaran, dan 2) hasil PAS semester ganjil untuk muatan IPS yang masih rendah, peneliti menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk mengatasinya. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran bermuatan IPS dengan menggunakan model PBL di kelas VC SDN Penanggungan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dikembangkan Kemmis dan Taggrat dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus dengan 2 pertemuan di tiap siklusnya. Hasil penelitian: (1) Penerapan model PBL dilaksanakan dengan baik dan urut sesuai sintak. Sintak yang telah dilaksanakan yaitu memberikan orientasi masalah kepada siswa, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing siswa untuk melakukan pemecahan masalah dengan berkelompok/ individu, mengembangkan dan menyajikan hasil, dan menganalisis serta mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil penerapan model terlihat dari aktiviats guru & siswa yang mengalami peningkatan. (2) Kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan. Persentase klasikal untuk kategori “baik sekali” pada siklus I sebesar 17% meningkat sebesar 18% menjadi 35% pada siklus II. Persentase klasikal untuk kategori “baik” pada siklus I sebesar 33% meningkat sebesar 5% menjadi 38%. Persentase klasikal untuk kategori “cukup” pada siklus I sebesar 39% berkurang sebesar 17% menjadi 22% pada siklus II. Persentase kategori “kurang sekali” pada siklus I sebesar 11% berkurang sebesar 6% menjadi 5% pada siklus II . Rata-rata klasikal semua aspek pada siklus I sebesar 72,62 meningkat sebesar 9,85 pada siklus II menjadi 80,93. Rata-rata klasikal kemampuan berpikir kritis pada aspek kognitif, psikomotor, dan afektif juga meningkat. Rata-rata aspek kognitif siklus I sebesar 61,38 meningkat sebesar 13,34 menjadi 75, rata-rata aspek psikomotor pada siklus I sebesar 77,08 meningkat sebesar 6,59 menjadi 83,68, dan rata-rata aspek afektif pada siklus I sebesar 79,04 meningkat sebesar 9,71 menjadi 84,12. Saran bagi guru yaitu sebaiknya membiasakan kegiatan-kegiatan yang dapat mengasah kemampuan berpikir kritis bagi siswa saat pembelajaran agar siswa terbiasa berpikir kritis. Kesimpulan akhir dari penelitian ini yaitu dengan penerapan model Problem Based Learning pada muatan IPS tema 8 dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Penanggungan Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70616

Actions (login required)

View Item View Item