Peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV A SDN Tawangsari 01 Kabupaten Blitar / Ira Chusnul Kholifah

Kholifah, Ira Chusnul (2019) Peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV A SDN Tawangsari 01 Kabupaten Blitar / Ira Chusnul Kholifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kholifah, Ira Chusnul. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV A SDN Tawangsari 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Alif Mudiono, M.Pd., (II) Dra. Sri Murdiyah, M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, kegiatan ekonomi, Problem Based Learning (PBL) Berdasarkan hasil studi penelitian di SDN Tawangsari 01 Kabupaten Blitar ditemukan bahwa hasil belajar siswa, terutama pada muatan IPS masih belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Siswa juga belum terlibat aktif dalam pembelajaran karena pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga hasil belajar siswa belum optimal. Hanya 7 siswa yang memenuhi KKM dari 26 siswa. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki permasalahan tersebut, agar siswa dapat terlibat aktif dalam mendiskripsikan model PBL menunjukkan hasil belajar siswa menggunakan model PBL. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang menerapkan model PBL dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Pada siklus I persentase aktivitas guru adalah 96,1% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Kemudian aktivitas siswa selama siklus I adalah 74%, meningkat menjadi 95,3% pada siklus II. Penerapan model PBL pada materi mengidentifikasi kegiatan ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Nilai akhir rata-rata siswa pada tahap pratindakan yaitu 60,6 meningkat menjadi 98 di akhir siklus II. Nilai keterampilan pada siklus I yang memiliki kategori kurang, meningkat menjadi sangat baik pada akhir siklus II. Aspek sikap pada siklus I, sikap kerja sama memiliki kategori perlu bimbingan, sikap percaya diri dan tanggung jawab memiliki kategori cukup. Kemudian pada siklus II sikap tanggung jawab, percaya diri, dan tanggung jawab mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model PBL yang sesuai dengan langkah-langkahnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penelitian selanjutnya dapat mengembangkan model PBL agar sesuai dengan kondisi siswa dan kelas yang ada. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70614

Actions (login required)

View Item View Item