Pengembangan media diorama beraudio pada subtema Manusia dan Lingkungan di kelas V sekolah dasar / Naila Afiani

Afiani, Naila (2019) Pengembangan media diorama beraudio pada subtema Manusia dan Lingkungan di kelas V sekolah dasar / Naila Afiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Afiani, Naila. 2019. Pengembangan Media Diorama Beraudio pada Subtema Manusia dan Lingkungan di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumanto, M.Pd., (II) Dra. Nihayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, media diorama beraudio, manusia dan lingkungan, SD Media pembelajaran berperan sebagai penyampai pesan dari guru kepada siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Kotalama 3 Malang, belum tersedia media konkret untuk membelajarkan materi pada subtema manusia dan lingkungan. Siswa hanya menggunakan media gambar dan kurang terlibat langsung terhadap penggunaan media. Media yang kurang bervariatif menyebabkan siswa tidak memperhatikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru menyediakan media yang menunjang pembelajaran melalui Pengembangan Media Diorama Beraudio pada Subtema Manusia dan Lingkungan di Sekolah Dasar. Media diorama beraudio berupa kotak tiga dimensi yang digunakan untuk membelajarkan materi Bahasa Indonesia, SBdP dan IPA pada pembelajaran 1 dan 2. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media diorama beraudio pada subtema Manusia dan Lingkungan khususnya pada pembelajaran 1 dan 2 yang dinyatakan layak oleh ahli media, ahli materi dan pengguna, serta menghasilkan media yang efektif dan menarik bagi siswa. Prosedur penelitian dan pengembangan ini menggunakan modifikasi model pengembangan Dick & Carey dengan langkah sebagai berikut. (1) analisis kebutuhan, (2) analisis pembelajaran, (3) analisis pebelajar dan konteks, (4) mengembangkan instrument, (5) mengembangkan strategi pembelajaran, (6) mengembangkan produk, (7) merancang dan melakukan evaluasi formatif serta revisi produk, (8) melakukan uji coba, (9) produk akhir. Produk yang dihasilkan berupa media diorama beraudio untuk pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 yang kemudian dievaluasi formatif oleh ahli media dengan persentase kelayakan sebesar 90,62% untuk media pembelajaan 1, dan 90,1% untuk media pembelajaran 2. Hasil evaluasi formatif oleh ahli materi diperoleh persentase kelayakan sebesar 97,91% untuk media pembelajaran 1 dan pembelajaran 2. Hasil evaluasi formatif oleh pengguna (guru) diperoleh persentase sebesar 93,85% untuk media pembeajaran 1 dan 90,73% untuk media pembelajaran 2. Berdasarkan hasil uji coba diketahui adanya peningkatan rata-rata hasil belajar pada pretest dan posttest yaitu 62,35% menjadi 84,23% pada pembelajaran 1, dan peningkatan dari 23,35% menjadi 75,29% pada pembelajaran 2. Berdasarkan paparan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media diorama beraudio layak, efektif dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran pada tema lingkungan sahabat kita, subtema manusia dan lingkungan, kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70613

Actions (login required)

View Item View Item