Internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di kelas VC di SDN Jetis 3 Kabupaten Lamongan / Nurul Amaliyatus Sholichah - Repositori Universitas Negeri Malang

Internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di kelas VC di SDN Jetis 3 Kabupaten Lamongan / Nurul Amaliyatus Sholichah

Sholichah, Nurul Amaliyatus (2019) Internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di kelas VC di SDN Jetis 3 Kabupaten Lamongan / Nurul Amaliyatus Sholichah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Sholichah Nurul Amaliyatus. 2019. Internalisasi Nilai-nilai Karakter Dalam Pembelajaran DI Kelas VC DI SDN Jetis 3 Kabupaten Lamongan. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Putri Mahanani M.Pd. Kata Kunci Internalisasi Nilai-nilai Karakter Pembelajaran Sekolah Dasar Pendidikan karakter berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia. Melalui pendidikan karakter diharapkan siswa dapat mengahadapi tantangan pendidikan di masa depan. Berdasarkan data yang ditemukan di SDN Jetis 3 Kabupaten Lamongan telah menerapkan kurikulum 2013 dan menginternalisasikan PPK kedalam visi dan misi sekolah program sekolah dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan dalam pembelajaran di kelas VC di SDN Jetis 3 Kabupaten Lamongan (2) mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di kelas VC di SDN Jetis 3 Kabupaten Lamongan dan (3) mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang tampak pada siswa kelas VC di SDN Jetis 3 Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SDN Jetis 3 Kabupaten Lamongan di kelas VC. Sumber data terdiri dari dokumen dan subjek. Prosedur pengumpulan data terdiri dari wawancara observasi dokumentasi dan angket. Analisis data meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di kelas VC meliputi lima nilai utama PPK. Selain itu nilai yang ditanamkan tidak jau berbeda dengan nilai yang tampak pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di kelas VC di SDN Jetis 3 Kabupaten Lamongan sudah menanamkan lima nilai karakter utama PPK yaitu religius nasionalis mandiri gotong royong dan integritas. Internalisasi dilakukan melalui pembiasaan dan pembelajaran yang bersifat riil. Proses internalisasi nilai karakter melalui kegiatan jaga regol pembiasaan tepat waktu piket rolling tempat duduk tutor sebaya anti buli permainan tradisional budaya antre pembelajaran di luar kelas dan guru teladan. Melalui hasil penelitian ini disarankan untuk guru agar lebih kreatif dalam menanamkan nilai-nilai karakter melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dalam pembelajaran sedangkan untuk kepala sekolah agar dapat menjadikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di kelas VC di SDN Jetis 3 Kabupaten Lamongan dalam pembelajaran sebagai bahan refleksi untuk kelas-kelas yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70611

Actions (login required)

View Item View Item