Muatan nilai-nilai karakter pada buku cerita berjenis hikayat untuk anak usia sekolah dasar / Hilmi Alima Muktianti

Muktianti, Hilmi Alima (2019) Muatan nilai-nilai karakter pada buku cerita berjenis hikayat untuk anak usia sekolah dasar / Hilmi Alima Muktianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Muktianti, Hilmi Alima. 2019. Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Cerita Berjenis Hikayat Untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Achmad Taufiq, M.Pd., (II) Dra.Ratna Trieka Agustina, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci:Nilai Karakter,Cerita Anak berjenis Hikayat, Sekolah Dasar Pendidikan karakter sangatlah penting untuk menciptakan generasi muda penerus bangsa yang berkarakter. Sastra anak menjadi salah satu pilihan untuk menanamkan karakter baik tersebut pada anak. Membelajarkan sastra anak melalui buku cerita menjadi solusi agar penanaman nilai-nilai karakter yang terkandung di dalamnya dapat tersampaikan pada anak. Salah satunya melalui karya sastra dalam bentuk buku cerita anak berjenis hikayat. Cerita yang terkandung di dalam hikayat banyak menampilkan pesan-pesan nilai karakter yang di racik dengan fantasi, khayalan yang menghibur sarat akan nilai-nilai karakter bangsa Indonesia. Sehingga, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai muatan nilai karakter yang terdapat pada buku cerita anak berjenis hikayat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan muatan 5 nilai karakter pada unsur instrinsik tokoh, alur, latar dan amanat yang terkandung dalam buku cerita anak usia sekolah dasar berjenis hikayat, 2) mendeskripsikan frekuensi kemunculan nilai karakter yang terkandung di dalam buku cerita anak usia sekolah dasar berjenis hikayat. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan teknik analisis isi atau analisis dokumen. Instrumen analisis isi atau dokumen menggunakan instrumen modifikasi peneliti sendiri. Keabsahan data hasil penelitian dilakukan dengan diskusi teman sejawat dan guru. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) nilai karakter Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, Integritas terkandung dalam unsur instrinsik tokoh, 2) nilai karakter Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, Integritas terkandung dalam unsur instrinsik alur, 3) nilai karakter Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, Integritas terkandung dalam unsur instrinsik latar, 4) nilai karakter Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, Integritas terkandung dalam unsur instrinsik amanat. Namun, terdapat beberapa subnilai dan indikator nilai karakter PPK yang sama sekali tidak termuat di dalam unsur instrinsik buku cerita berjenis Hikayat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat, memberi saran untuk:1) Kepala Sekolah dan Guru, dapat memaksimalkan pembentukan karakter anak usia sekolah dasar melalui program-program literasi khususnya literasi buku cerita fiksi berjenis Hikayat, (2) Penulis Buku, untuk dapat melengkapi mengenai kandungan muatan nilai karakter agar seluruh subnilai karakter PPK dapat termuat dalam buku cerita fiksi berjenis,(4) Peneliti lain, agar dapat melakukan penelitian dengan objek kajian yang berbeda, serta fokus yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70610

Actions (login required)

View Item View Item