Rina, Mujiati Mei (2019) Penerapan media lego untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas II SDN 2 Tawangrejeni Kabupaten Malang / Mujiati Mei Rina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Rina Mujiati Mei. 2019. Penerapan Media Lego untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan pada Siswa Kelas II SDN 2 Tawangrejeni Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Harti Kartini M. Pd. (II) Yulia Linguistika S. Pd. M. Ed. Kata Kunci Matematika Media Lego Pemahaman Konsep Pecahan Matematika merupakan suatu muatan pembelajaran yang diajarkan di jenjang sekolah dasar. Matematika pada siswa SD sering dianggap sebagai pelajaran yang membosankan karena sulit dipahami oleh siswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika perlu diwujudkan pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi di kelas II SDN 2 Tawangrejeni Kecamatan Turen Kabupaten Malang diketahui pada saat guru sedang menjelaskan tentang materi pecahan siswa terlihat kebingungan dengan materi yang diajarkan. Hasil wawancara dengan guru kelas diketahui bahwa siswa masih belum memahami konsep pecahan serta bingung dalam menentukan pembilang dan penyebut pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan media lego dalam pembelajaran pecahan pada siswa kelas II SDN 2 Tawangrejeni Kabupaten Malang (2) mendeskripsikan peningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas II SDN 2 Tawangrejeni Kabupaten Malang melalui penerapan media lego. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pengumpulan data melalui perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 2 Tawangrejeni Kecamatan Turen Kabupaten Malang yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I pemahaman konsep pecahan pada siswa dari hasil evaluasi meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal dari 57% menjadi 70% dan jumlah siswa yang melakukan unjuk kerja tentang pecahan juga mengalami peningkatan dari 10 siswa menjadi 15 siswa. Sementara pada siklus II pemahaman konsep pecahan pada siswa dari hasil evaluasi meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal dari 68% menjadi 77% dan jumlah siswa yang melakukan unjuk kerja tentang pecahan juga mengalami peningkatan dari 22 siswa menjadi 26 siswa sehingga terdapat peningkatan pemahaman konsep pecahan dari sekedar menyebutkan pengertian pecahan menjadi menjelaskan pecahan menyebutkan pembilang dan penyebut pecahan serta menyajikan berbagai bentuk pecahan. vi Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media lego dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa. Disarankan agar sekolah dapat memberikan pembinaaan terhadap guru agar melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru hendaknya menerapkan media lego pada saat pembelajaran tentang pecahan dan menerapkan media pembelajaran variatif lainnya untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa. Peneliti lain diharapkan dapat menerapkan media lego untuk pembelajaran konsep tentang operasi hitung bilangan pola bilangan serta dapat mengembangkan media lego sebagai pembelajaran konsep lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/70609 |
Actions (login required)
View Item |