Peningkatan hasil belajar menulis narasi dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas III SDN Mangunrejo Kabupaten Kediri / Lely Dwi Karunia

Karunia, Lely Dwi (2019) Peningkatan hasil belajar menulis narasi dengan menggunakan model mind mapping pada siswa kelas III SDN Mangunrejo Kabupaten Kediri / Lely Dwi Karunia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Karunia, Lely Dwi. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Menulis Narasi Dengan Menggunakan Model Mind Mapping pada Siswa Kelas III SDN Mangunrejo Kabupaten Kediri. Skripsi, Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing : (I) Dr. Alif Mudiono, M.Pd, (II) Esti Untari, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : menulis, narasi, model mind mapping Berdasarkan observasi pratindakan yang dilakukan di kelas III SDN Mangunrejo Kabupaten Kediri ditemukan permasalahan yaitu : (1) guru belum menggunakan model pembelajaran yang efektif, (2) guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, (3) guru tidak menjelaskan tentang unsur-unsur narasi. Akibatnya kesulitan yang dialami siswa yaitu (1) kesulitan menentukan tema terlihat dari tema dan isi kurang sesuai, (2) tidak menguasai unsur-unsur narasi yang terdiri alur, penokohan, latar atau setting, dan sudut pandang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, catatan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar menulis narasi sederhana dengan menggunakan model mind mapping mengalami peningkatan. Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis narasi sederhana melalui model pembelajaran mind mapping mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I aktivitas guru sebesar 89% termasuk kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 100% termasuk kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 81,2% termasuk kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 96,4% termasuk kategori sangat baik. Pada siklus I rata-rata hasil belajar sebesar 77,4 dan siklus II 85,8. Ketuntasan klasikal pada siklus I 76,1% termasuk kategori cukup dan siklus II dengan ketuntasan klasikal 95,2% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar menulis narasi sederhana, aktivitas siswa, dan aktivitas guru. Oleh karena itu, hendaknya guru menggunakan model mind mapping sebagai alternative untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70608

Actions (login required)

View Item View Item