Analisis teks sastra terkait dengan Kompetensi Inti 1 (KI-1) dan Kompetensi Inti 2 (KI-2) pada buku siswa kelas IV semester 1 edisi revisi 2017 / Widi Probowati

Probowati, Widi (2019) Analisis teks sastra terkait dengan Kompetensi Inti 1 (KI-1) dan Kompetensi Inti 2 (KI-2) pada buku siswa kelas IV semester 1 edisi revisi 2017 / Widi Probowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii RINGKASAN Probowati, Widi. 2019. Analisis Teks Sastra Terkait dengan Kompetensi Inti 1 (KI-1) dan Kompetensi Inti 2 (KI-2) pada Buku Siswa Kelas IV Semester 1 Edisi Revisi 2017. Skripsi. Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ratna Trieka Agustina, S.Pd., M.Pd, (II) Puri Selfi Cholifah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Teks Sastra, Kompetensi Inti 1, Kompetensi Inti 2 Teks merupakan ujaran secara lisan maupun tulisan bermakna yang berfungsi untuk mengekspresikan gagasan. Teks sastra usia anak SD termasuk dalam kategori sastra anak. Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (SD) mengorientasikan pembelajaran berbasis teks dan menempatkan bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan. Kurikulum 2013 terdapat kompetensi Inti yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. Pada kelas IV SD tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan teks sastra yang terdapat pada buku siswa kelas IV semester 1 edisi revisi 2017 yang terdiri dari tema 1, 2, 3, dan 4 dengan sikap spiritual pada Kompetensi Inti 1 (KI-1) yang terdiri dari nilai beriman dan bertakwa, dan bersyukur. Dan sikap sosial pada Kompetensi Inti 2 (KI-2) yang terdiri dari nilai jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian isi (content analysis). Lokasi penelitian ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, baik di sekolah maupun perpustakaan. Prosedur penelitian ini menggunakan teknik studi dokumentasi dengan menggunakan dokumen berupa teks sastra yang terdapat pada buku siswa kelas IV tema 1, 2, 3, dan 4 edisi revisi 2017. Hasil keterkaitan teks sastra dengan kompetensi Inti 1 (KI-1) sudah memuat sikap spiritual (KI-1) dengan menekankan nilai beriman dan bertakwa yang sering muncul, namun hanya 2 judul teks sastra, yaitu Bekerja Sama dalam Keberagaman dan Perbedaan Bukanlah Penghalang yang memuat semua nilai sikap spiritual (KI- 1). Keterkaitan teks sastra dengan Kompetensi Inti 2 (KI-2) sudah memuat sikap sosial (KI-2) dengan menekankan nilai jujur yang sering muncul, namun tidak ada judul teks sastra yang memuat semua nilai kompetensi Inti 2 (KI-2). Saran diberikan pada guru yang hendaknya membimbing siswa untuk menemukan nilai spiritual (KI-1) dan nilai sosial (KI-2) yang terkandung dalam sebuah teks sastra. Tim penyusun buku siswa kurikulum 2013 sebaiknya melakukan perbaikan dengan memuat seluruh sikap Kompetensi Inti 1 (KI-1) dan Kompetensi Inti 2 (KI-2) di dalam teks sastra yang ada pada buku siswa. Bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian sejenis dengan menggunakan objek kajian yang berbeda, fokus penelitian yang lebih mendalam dan dengan metodologi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70607

Actions (login required)

View Item View Item