Peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi melalui model numbered head together siswa kelas IVB SDN Karangtengah 01 Kota Blitar / Vila Nanda Lusia Putri Megayani

Megayani, Vila Nanda Lusia Putri (2019) Peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi melalui model numbered head together siswa kelas IVB SDN Karangtengah 01 Kota Blitar / Vila Nanda Lusia Putri Megayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Megayani, Vila Nanda Lusia Putri. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi Melalui Model Numbered Head Together Siswa Kelas IVB SDN Karangtengah 01 Kota Blitar. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Suminah, S.Pd, M.Pd,. (II) Prof. Dr. H.M. Zainuddin, M.Pd. Kata Kunci: hasil belajar, ips, model numbered head together Hasil pengamatan yang dilakukan di kelas IVB SDN Karangtengah 01 Kota Blitar menunjukkan permasalahan antara lain: (1) kurangnya pemahaman siswa terhadap materi kegiatan ekonomi, (2) siswa cenderung ramai, bosan dan mengantuk saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga diskusi kelompok kurang berjalan secara optimal, (3) guru tidak menggunakan model pembelajaran, (4) kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, (5) guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Hasil belajar di kelas IVB menunjukkan 39% atau 10 siswa yang mendapat nilai 70 yang merupakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 21 siswa mendapat nilai dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model NHT dan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi di kelas IVB SDN Karangtengah 01 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas IVB SDN Karangtengah 01 Kota Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, observasi, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Analisis data diawali dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menggunakan model NHT dapat berhasil, terlihat dari hasil aktivitas siswa dan aktivitas guru. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 80,39% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 100%. Selain aktivitas siswa, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar pratindakan mencapai 45%. Siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 74,19% dan siklus II meningkat menjadi 93,54%. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi melalui model NHT siswa kelas IVB SDN Karangtengah 01 Kota Blitar dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan bagi guru agar menggunakan model NHT dalam pembelajaran IPS agar hasil belajat siswa lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70601

Actions (login required)

View Item View Item