Pengembangan LKPD berbasis CTL pada materi menulis puisi di kelas IV SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih Kediri / Tath Mainnul Qolbiya

Qolbiya, Tath Mainnul (2019) Pengembangan LKPD berbasis CTL pada materi menulis puisi di kelas IV SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih Kediri / Tath Mainnul Qolbiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Qolbiya, Tath Mainnul. 2019. Pengembangan LKPD Berbasis CTL pada Materi Menulis Puisi di Kelas IV SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih Kediri. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dra. Lilik Bintartik, M.Pd (2) Dra. Sri Murdiyah, M.Pd Kata Kuci: Pengembangan, LKPD berbasis CTL, Menulis Puisi SD NU Insan Cendekia merupakan salah satu sekolah dasar di Ngadiluwih Kediri yang menerapkan kurikulum 2013 sebagai pedoman sistem pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada tanggal 23 November 2018 dengan guru kelas IV, diperoleh informasi bahwa 1) dalam pembelajaran bahasa Indonesia hampir keseluruhan peserta didik masih belum bisa menulis puisi dengan tepat; (2) metode yang digunakan guru pada materi menulis puisi kurang bervariasi; (3) bahan ajar yang digunakan hanya terpacu pada buku tematik saja. Melihat hal tersebut perlu dilakukan alternatif tindakan dengan mengembangkan bahan ajar peserta didik. Bahan ajar yang dikembangkan berupa LKPD berbasis CTL khususnya materi menulis puisi. LKPD tersebut dikembangkan lebih inovatif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik, sehingga dalam pembelajaran menulis puisi lebih bermakna, mudah dan menarik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model R & D yang diadopsi dari Sugiyono. Prosedur penelitian dan pengembangan dimodifikasi menjadi: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk. Namun pada pengembangan LKPD berbasis CTL pada materi menulis puisi yang dikembangkan, menggunakan langkah pertama sampai kedelapan saja karena keterbatasan waktu penelitian. Pengembangan LKPD berbasis CTL pada materi menulis puisi dikatakan berhasil sesuai hasil validasi para ahli dan pengguna. Hasil validasi produk oleh ahli materi memperoleh persentase 89,4% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase 96% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi guru sebagai pengguna memperoleh persentase 88,75% dengan kategori sangat valid. Menurut peserta didik hasil uji coba LKPD menarik, bahasa yang digunakan mudah dipahami dan kegiatan di dalam LKPD menyenangkan. Berdasarkan hasil uji coba produk, LKPD berbasis CTL sangat valid dan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar. Selain itu, LKPD dapat digunakan untuk lingkup pendidikan yang lebih luas, tidak hanya pada satu sekolah melainkan pada kelas IV SD di sekolah yang berbeda. LKPD berbasis CTL sebaiknya dapat dikembangkan lebih luas lagi. Jadi tidak hanya pada KD tentang menulis puisi, namun pada KD lain juga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70600

Actions (login required)

View Item View Item