Penerapan model pembelajaran Student Team Achievemen Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar tema indahnya kebersamaan di kelas 4 SDN Kotalama 6 Malang / Erlina Betty Permaisari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Team Achievemen Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar tema indahnya kebersamaan di kelas 4 SDN Kotalama 6 Malang / Erlina Betty Permaisari

Permaisari, Erlina Betty (2014) Penerapan model pembelajaran Student Team Achievemen Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar tema indahnya kebersamaan di kelas 4 SDN Kotalama 6 Malang / Erlina Betty Permaisari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permaisari Erlina Betty. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas 4 SDN Kotalama 6 Malang.UAP Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Drs. H. Ahmad Samawi. M. Hum Kata Kunci Model Pembelajaran STAD Hasil Belajar Tema Indahnya Kebersamaan Berdasarkan pengamatan awal pada proses pembelajaran tematik di kelas 4 SDN Kotalama 6 Malang ditemukan permasalahan yang berkaitan dengan proses pembelajaran di kelas .Ditemukan fakta bahwa siswa kelas 4 SDN Kotalama 6 Malang tahun pelajaran 2013-2014 banyak mengalami kesulitan belajar pada tema Indahnya Kebersamaan. Permasalahan berakibat rendahnya hasil belajar siswa nilai siswa masih di bawah standar ketuntasan minimal yaitu hanya 18 5 % siswa dari 27 siswa atau hanya 5 siswa yang mampu mencapai ketuntasan minimal dengan kriteria ketuntasan individu 70. Sedangkan rata-rata kelasnya hanya mencapai 58 5 Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD pada pada pembelajaran tematik Indahnya Kebersamaan di kelas 4 SDN Kotalama 6 Malang dan (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pada pembelajaran tematik Indahnya Kebersamaan di kelas 4 SDN Kotalama 6 Malang Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan dan observasi refleksi dan revisi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Kotalama 6 yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 8 siswa lali-laki dan 19 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema Indahnya Kebersamaan siswa kelas 4 SDN Kotalama 6. Hal ini dilihat dari peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Perolehan rata-rata evaluasi yang juga meningkat dari rata-rata sebelumnya (58 5) mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata kelas sebesar (65 18) dan prosentase ketuntasan belajar kelasnya yaitu (48%) meningkat pada siklus II dengan rata-rata kelasnya sebesar (75 18) dan prosentase ketuntasan belajar kelasnya sebesar (85 18%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kooperatif model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Kotalama 6. Disarankan untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kelemahan terutama efektivitas bahasa anak sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7060

Actions (login required)

View Item View Item