Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran komposisi foto digital untuk kelas XI Multimedia SMK PGRI 2 Malang / Achmad Ainul Yaqin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran komposisi foto digital untuk kelas XI Multimedia SMK PGRI 2 Malang / Achmad Ainul Yaqin

Yaqin, Achmad Ainul (2017) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran komposisi foto digital untuk kelas XI Multimedia SMK PGRI 2 Malang / Achmad Ainul Yaqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yaqin Achmad Ainul. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital Untuk Kelas XI SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Susilaningsih M.Pd. (II) Arafah Husna S.Pd. M.Med.Kom. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Mobile Komposisi Foto Digital Seiring perkembangan teknologi saat ini penggunaan perangkat mobile seperti smartphone atau tablet sangat berguna untuk membantu siswa belajar. Media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi perangkat mobile disebut dengan mobile learning. Mobile learning merupakan salah satu alternatif pengembangan media pembelajaran. Kehadiran mobile learning ditujukan sebagai pelengkap pembelajaran serta memberikan kesempatan pada siswa untuk mempelajari materi yang kurang dikuasai di manapun dan kapanpun. Permasalahan yang dihadapi siswa kelas XI Multimedia SMK PGRI 2 Malang adalah keterbatasan waktu praktik dan kurangnya sumber belajar. Siswa membutuhkan suatu media pembelajaran yang memiliki visualisasi dan simulasi tentang teknik menggunakan kamera dan menentukan komposisi yang baik dalam menghasilkan karya fotografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran komposisi foto digital kelas XI yang valid dan efektif untuk kegiatan pembelajaran di SMK PGRI 2 Malang. Bentuk produk yang dihasilkan berupa sebuah aplikasi .apk berisikan materi berupa teks gambar audio dan video. Model pengembangan yang digunakan adalah model Research and Development (R D) hasil adaptasi dari Borg and Gall (1983). Langkah-langkah pengembangan yang digunakan untuk mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahapan tersebut antara lain (1) Research Information Collecting (2) Planning (3) Development Preliminary Form of Product (4) Preliminary Field Testing (5) Main Product Revision (6) Main Field Testing (7) Revision and Final Product. Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa kelas XI SMK jurusan multimedia. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan multimedia pembelajaran berbasis mobile learning ini memenuhi kriteria valid yakni ahli media 95% ahli materi 88% uji coba lapangan terbatas 88 5% uji coba lapangan utama 89 71%. Selain itu terdapat beberapa saran untuk perbaikan diantaranya yang diperoleh dari ahli media adalah untuk menambah contoh-contoh hasil foto. Ahli materi menyarankan untuk memperbaiki konten video. Sedangkan pada audience menyarankan untuk memperkecil ukuran aplikasi dan menambahkan fitur zoom. Dengan demikian produk multimedia pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran komposisi foto digital yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid digunakan dalam proses pembelajaran siswa. ABSTRACT Yaqin Achmad Ainul. 2016. Developing an Instructional Mobile Learning Based Multimedia on Digital Photo Composition for 11th Grade Multimedia Students of SMK PGRI 2 Malang. Thesis Educational Technology Faculty of Education State University of Malang. Advisor (I) Dra. Susilaningsih M.Pd. (II) Arafah Husna S.Pd. M.Med.Kom. Keywords Development Multimedia Mobile Digital Photo Composition Along with the development of technology the uses of mobile devices such as smartphones or tablet is very useful to help students learn. Instructional media technology utilizes a mobile device called the mobile learning. Mobile learning is one of the alternative development of instructional media. The presence of mobile learning is intended as a complement to the learning and provide opportunities for students to learn the material that is less controlled anywhere and anytime. The problem faced by students of class XI Multimedia SMK PGRI 2 Malang is the limited practice time and lack of learning resources. Students need a media that has the visualization and simulation of cameras techniques used and to determine the good composition in producing works of photography. The purpose of this study was to develop multimedia based mobile learning on the subjects of digital photo composition class XI valid and effective for learning activities at SMK PGRI 2 Malang. Forms of products produced in the form of an application .apk containing material in the form of text image audio and video. The development model used model Research and Development (R D) adaptation of Borg and Gall (1983). Development steps used to achieve the expected results. The stages include (1) Research Information Collecting (2) Planning (3) Preliminary Form of Product Development (4) Preliminary Field Testing (5) Main Product Revision (6) Main Field Testing (7) Revision and Final Product. The subject of research in the validation that is a class XI student of SMK majoring in multimedia. Data types used are quantitative and qualitative data. The result of the development of multimedia based mobile learning is valid criteria namely media experts 95% 88% subject experts preliminary field testing 88.5% main field testing 89.71%. In addition there are some suggestions for improvement including that gained from media experts is to add examples of the photos. Subject experts advise to improve video content. While in the audience suggested to reduce the size of the application and add a zoom feature. Thus multimedia based mobile learning products in the subjects digital photo composition developed are valid to use for learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/706

Actions (login required)

View Item View Item