Sujono, Ella Feronica (2019) Peningkatan keterampilan menulis surat undangan melalui pendekatan proses pada siswa kelas V SDN Blitaran 2 Kabupaten Nganjuk / Ella Feronica Sujono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Sujono Ella Feronica. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Undangan Melalui Pendekatan Proses Pada Siswa Kelas V SDN Blitaran 2 Kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendiidkan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Alif Mudiono M.Pd (II) Dra. Tri Murti S.Pd M.Pd. Kata kunci keterampilan menulis surat undangan pendekatan proses Berdasarkan observasi dan wawancara diperoleh (1) pembelajaran menulis yang dilakukan guru kepada siswa belum melalui tahapan menulis yang semestinya (2) guru belum membimbing siswa saat proses menulis (3) siswa masih merasa sulit menulis surat undangan karena kurang mengerti dengan bagian-bagian surat undangan dan merasa sulit dalam menyusun kata menjadi kalimat dan (4) hasil keterampilan menulis siswa masih rendah dari 25 siswa hanya 9 siswa yang tuntas atau hanya 36% dan 16 siswa lain atau 64% tidak tuntas dari KKM yang telah ditentukan yaitu sebesar 75. Alternatif perbaikan yang dipilih adalah diterapkannya pendekatan proses. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan proses dalam keterampilan menulis surat undangan dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis surat undangan melalui pendekatan proses. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap penelitian yang meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas V SDN Blitaran 2 dengan jumlah siswa sebanyak 25. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan proses dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil nilai keterampilan siswa dalam menulis surat undangan. Pada siklus I persentase aktivitas guru sebesar 89% meningkat pada siklus II menjadi 100%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 78% dengan predikat ketuntasan cukup meningkat pada siklus II sebesar 94% dengan predikat ketuntasan sangat baik. Sedangkan hasil keterampilan menulis surat undangan pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 60% dengan predikat ketuntasan kurang dan nilai rata-rata 77 6 meningkat pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 92% dengan predikat ketuntasan sangat baik dan nilai rata-rata sebesar 87 56. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan proses dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan nilai keterampilan menulis surat undangan. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menerapkan pendekatan proses sebagai solusi untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat undangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/70597 |
Actions (login required)
View Item |