Peningkatan hasil belajar IPS materi organisasi pergerakan nasional melalui model mind mapping pada siswa kelas V SDN Bago 2 Tulungagung / Putri Cahyani Aryuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS materi organisasi pergerakan nasional melalui model mind mapping pada siswa kelas V SDN Bago 2 Tulungagung / Putri Cahyani Aryuningtyas

Aryuningtyas, Putri Cahyani (2019) Peningkatan hasil belajar IPS materi organisasi pergerakan nasional melalui model mind mapping pada siswa kelas V SDN Bago 2 Tulungagung / Putri Cahyani Aryuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Aryuningtyas Putri Cahyani. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Organisasi Pergerakan Nasional Melalui Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas V SDN Bago 2 Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Dasar Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. M. Zainuddin M.Pd (2) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd. Kata Kunci hasil belajar organisasi pergerakan nasional mind mapping Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN Bago 2 Tulungagung ditemukan masalah dalam pembelajaran IPS khususnya materi organisasi pergerakan nasional. Dalam kegiatan pembelajaran guru cenderung menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan. Guru belum menggunakan media pembelajaran. Siswa merasa bosan dan mengantuk karena guru hanya menjelaskan materi dengan berceramah. Bahkan setelah dijelaskan oleh guru siswa masih belum paham dengan materi sehingga siswa tidak dapat menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaaran yang dilakukan oleh guru diperoleh data bahwa dari 25 siswa hanya 40% siswa yang mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sementara 60% siswa lainnya belum mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi organisasi pergerakan nasional dengan menerapakan model Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa beserta guru kelasnya. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model mind mapping dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Rata-rata nilai aktivitas guru pada siklus I sebesar 88 45% meningkat pada siklus II dengan rata-rata sebesar 100%. Sedangkan rata-rata nilai aktivitas siswa pada siklus I sebesar 74 05% meningkat pada siklus II sebesar 86 1%. Selain itu juga terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada tahap pratindakan rata-rata nilai pengetahuan siswa 54 dengan persentase ketuntasan sebesar 40%. Meningkat pada siklus I dengan rata-rata nilai 61 6 dengan persentase sebesar 91 2%. Hingga meningkat pada siklus II rata-rata nilai pengetahuan siswa menjadi 80 dengan persentase ketuntasan sebesar 91 2%. Nilai keterampilan siswa juga mengalami peningkatan hingga pada siklus II ada 21 siswa yang mampu mendapat nilai 4. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model mind mapping yang diterapkan dengan langkah yang benar dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi organisasi pergerakan nasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70596

Actions (login required)

View Item View Item