Pengaruh sistem tutor sebaya terhadap prestasi belajar <BR>matematika pada siswa kelas V SDN Kiduldalem I Kecamatan <BR>Klojen Kota Malang / oleh Setiyanda Usman Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sistem tutor sebaya terhadap prestasi belajar <BR>matematika pada siswa kelas V SDN Kiduldalem I Kecamatan <BR>Klojen Kota Malang / oleh Setiyanda Usman Hadi

Hadi, Setiyanda Usman (2005) Pengaruh sistem tutor sebaya terhadap prestasi belajar <BR>matematika pada siswa kelas V SDN Kiduldalem I Kecamatan <BR>Klojen Kota Malang / oleh Setiyanda Usman Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil proses belajar mengajar mata pelajaran Matematika belum memuaskan sehinggma asihm emerlukans trategiu ntuk peningkatannyaU. payam eningkatkanp restasi belajarm atematrkap erlu dikembangkante rus melalui percobaan-percobaadne ngan penelitian-penelitiatne ntangc aram emecahkank esulitan-kesulitand alam pengerjaan matematika. Penelitianin i bertujuanu ntukm engetahuai pakahh asilb elajarm atematikad engan sistemtu tor sebayas ecarab erpasangand apatd ijadikan salahs atua ltematifuntuk meningkatkapnr estasbi elajars iswa. Penelitianp endahuluadni laksanakadni kelasI V SDN KiduldalemI Kecamatan Klojen Kota Malang Catur Wula II Tahun Pelajaran 2002 2003. Materi yang digunakan untuk penelitian adalah mengubah pecahan. PenelitianL anjutani ni melibatkans iswa-siswki elasV SD NegeriK iduldalemI KecamataKnl ojen Kota Malangp adaS emesteIr TahunP elajaran2 003-2004.S ampel yangd iambild alamp enelitianin i berjumlah4 4 siswa.M ateri pembahasapna da penelitianin i adalahp enjumlahanp ecahan.S ebagadi ata kemampuana wal mengambil hasile valuasdi ari duak ali pertemuanD. ari hasile valuasdi apatd isimpulkanb ahwa terdapapt erberlaany ang menyolokp adan ilai tertinggi dan nilai terendah.Siswaya ng termasukd alam 50 %or nlai tinggi berperans ebagati utor dan sisway ang termasukd alam 50% inoi lai rendahs ebagaai nggota.U ntuk mendapatkanj a wabanp ermasalahamn aka setelahd ilaksanakanp embelajarand engans istemt utor sebayad ilalcukant es prestasi. Datayangdiperoledhi uji signifikansinyad enganr umust -tes.H asil t-hitung 6 126 dan d.b( N-1) 43 jika dihitungd engant- hitik padat .s. 0 05 2 02 makad iperoleh2 O2 6 126.Darip erhitungante rsebutte myatat -hitungl ebih besard ari t-kritik pda t.s. 0 05 ini berartit erdapatp erbedaany ang signifikan. Kesimpulan b erdasarkanh asil penelitiani ni terbukti bahwah asil belajar matematikad engans istemt utor sebayad apatm eningkatkanp restasbi elajars iswa. Peningkatanp restasib elajarm atematikai ni dapatd icapaio leh tutor maupuna nggota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7058

Actions (login required)

View Item View Item