Widoretno, Hengersi (2005) Upaya orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa <BR>kelas VI di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari III Kota Malang / Hangersi Widoretno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Latarbelakanpge nelitianin i didasarkana tasp ola pikirbahwa prestasbi elajara nak ditentukaonle hp ihaks ekolahd ano rangt ua siswa.O rangt ua yangs angaet rat hubungannydae ngana nakm empunyaip eranp enting dalam rangkat urut serta meningkatkapnre stasiP. eranp entingo rangt ua ini dikaji melaluib entukd ans eberapa tingkaut payao rangt ua dalamm eningkatkanp restasib elajar anak. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah upaya apa saja yang dilakukano rangt ua rurtuk meningkatkanp restasib elajar anaknyad i SDN SumbersarIiI I Malangy angb erkaitand enganf asilitas belajar p engawasank egiatanb elajar p emecahan kesulitan-kesulitabne lajar b entuk-bentukp ertolongan d an hubungana ntarau payao rang tuad enganp restasbi elajars iswak elasV I SekolahD asarN egeri SumbersarIiI I Malang. Tujuanp enelitianu ntuk mengetahutie ntangjenisf asilitas b entukp engawasanb a ntuan pmecahan kesulitan belajar bentuk-bentuli pertolongan dan untuk mengetahui hubungaann tarau payao rangt ua denganp restasbi elajars iswak elasM SekolahD asar NegerSi umbersaIrIiI Malang. Metode penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-korelasional. Rancangadne skriptifdimaksudkanu ntuk mendeskripsikanu paya-upayao rang tua yang berkaitadne ngan ( 1) fasilitas belajar ( 2) pengawasank egiatanb elajar ( 3) perhatian orang tua (4) p rtolongan dan bentuk-bentuk pe(olongan yang diberikan orang tua kepada anak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Sedangkan rancangan korelasionadli maksudkanu ntuk memprediksik eeratanh ubunganv ariabel upaya-upaya onng ttla (prediktor) dan variabel prestasi belajar (kriterion) siswa kelas VI Sekolah DasarNegeSriu mbersarllil Malang. Populasi penelitian adalah orang tua murid kelas VI Sekolah Dasar Negeri SumbersaIIrIi Kota Malang tahuna jaran2 0031200b4e umlah 3l orang.S ampely ang digunakaand alahs ampelt otal yaitu dari 3l siswa diambil secarak eseluruhans edang teknika nalisisd atay angd ipergunakaand alaht eknik deskriptifdank orelasional. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwa ( l) fasilitasb elajary ang diberikano rang tua kepada putra-putrinya dalam katagori memadai. Fasilitas itu meliputi ruang belajar denganko ndisi yang layak serta lampu belajar yang sangatm emadaid enganl ampu penerangalins trik serta fasilitas alat tulis buku wajib dan buku penunjangt elah diberikans ecarale ngkap.( 2) Pengawasank egiatanb elajar di sekolahd an di rumah dari orangtu a kepadap utra-putrinyat elah dilal ukan orang tua dengans elalub ertanyak epada putra-putrinyate ntang pelajaran-pelajarasne kolah yang dikerjakan di rumah dan menanyakapne lajarand i sekolah.A pabilah asil belajara nakk urangm emenuhhi arapan orangtu a menganjurkaann ak untuk giat belajard an apabilaa nakp ulangt erlambatd ari sekolaohr angtu a seringm eneguro. rang tuaj uga seringm endampingai nakp adaw aktu sedanbge lajard i rumah denganr ata-rataw aktu orang tua menrnggur anak belajar di rumashe lamal- 2 iam.( 3) Perhatiano rangt ua terhadapk esulitan-kesulitabne lajarp utraputrinyat elah dilakukan dengan jalan berusaha mengenal kesulitan belajar dan memecahkkaens ulitan-kesulitabne lajari tu denganc aram embimbingd an mengarahkan agara naknyad apatm emecahkank esulitanb elajar yang dialami secaram andiri. (4) Pertolongaant au bantuan yang diberikan orang tua kepada anak dalam menghadapi kesulitanp elajarannyaa da yang mengajari secaral angsung d an ada yang secarat id k lang sundge nganm enganjurkana nak mengikuti les di luar sekolah terutarnal es secara kelompokm enganjurkana nak supayab elajar sendiri di rumah lebih giat atau belajar secarab erkelompokd engan teman-temans ekelas. (5) Ada korelasi positif yang signifikana ntarau payao rang tua denganp restasib elajar siswa kelas VI SekolahD asar NegerSi umbersaIrIiI Malang. Berdasarkanh asil penelitian disarankan ( l) Bagi orang tua siswa upa.yao rang tua dalam meningkatkan prestasi belajar putra-putrinya dari segi (a) menyediakan fasilitasb elajar (b) mengawasik egiatan belajar anak di rumah (c) mengawasi p nggunaawna ktu belajar di rumah (d) mengenalk esulitan anak dalamb elajar dan (e) menolonagn ak mengataski esulitanb elajar sebaiknyat erus ditingkatkand an selalu diupayakaunn tukm embimbing m engarahkand a n memberim otivasi agara nakd apat berpikir secara aktif dan kreatif sehingga depat mencapai prestasi belajar secara maksima(l.2 ) Bagi guru mata pelajaran p erlu mendukungu paya orang tua dalam meningkatkapnr estasib elajar siswa denganj alan bekerla sam4 saling memberikan informasi perkembangan anak berkaitan dengan sikap minat kemampuan dan hubunganndyean gang uru dan temans ekelas s ertak emajuany ang telah diiapai anak dalamm engikutpi elajarany angd iasuh.( 3). Bagrs ekolaht erutamak epalas ekolahd alam melakukapne ngelolaadna n supervisip embelajarand i sekolahy ang dipimpinnya p erlu membantmu ensosialisasikalenm uan penelitiani ni melalui forum-forum ftwr antara sekolahd engano rang tua siswa dan selalu mendukungu paya orang tua dalam meningkatkparne stasbi elajars iswa k arenau payas epertii ni selaind apatm eningkatkan prestabsie lajars iswaju ga dapatm enciptakank ondisi hubungank efasamas ekolahd an orangtu a yang kondusif.( 4) Agar temuanp enelitiani ni membawam aknad alam pemecahdaunn iap endidikanu tamanyab agi guru siswa d an orangt ua dipandangp erlu untukm engadakapne nelitianl anjutan dari faktor sekolahy ang alduga mempunyai pengarutehr hadapr estasbi elajars iswa. I t
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Nov 2005 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2005 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/7056 |
Actions (login required)
View Item |