Pengembangan LKPD berbasis HOTS pada pembelajaran matematika materi volume bangun ruang kelas V SDN Sentul 1 / Hatantya Surya Aditama

Aditama, Hatantya Surya (2019) Pengembangan LKPD berbasis HOTS pada pembelajaran matematika materi volume bangun ruang kelas V SDN Sentul 1 / Hatantya Surya Aditama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hatantya Surya Aditama, 2019. Pengembangan LKPD Berbasis HOTS Pada Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Sentul 1, Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. M Zainuddin, M.Pd., (II) Dra. Hj. Lilik Bintartik, M.Pd. Kata Kunci: LKPD, HOTS, volume bangun ruang LKPD merupakan sebuah alat pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dan berisi tugas-tugas yang dikerjakan siswa. Penggunaan LKPD dalam proses pembelajaran dapat membuat siswa mengolah bahan yang dipelajari, baik dikerjakan secara individu maupun dengan cara diskusi bersama teman. Untuk membuat LKPD yang mampu meningkatkan kemampuan dan ketrampilan siswa, diperlukan LKPD dengan tipe ketrampilan berpikir tingkat tinggi. Ketrampilan berpikir tingkat tinggi biasa disebut dengan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Sebaiknya siswa dibiasakan latihan soal-soal HOTS agar memiliki kemampuan berpikir kritis dan tingkat tinggi sehingga pemahaman terhadap materi menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis HOTS yang valid menurut ahli materi, ahli media, dan pengguna (guru). Rancangan penelitian menggunakan model penelitian pengembangan Borg and Gall langkah pertama sampai keenam. Uji coba LKPD Berbasis HOTS dilakukan dua kali yaitu, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Uji coba terbatas dilaksanakan kepada 3 siswa kelas V SDN Karangtengah 2, sedangkan uji coba lapangan dilaksanakan di SDN Sentul 1 dengan jumlah 29 siswa kelas V. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi didapatkan persentase sebesar 84,52% (dapat digunakan namun perlu revisi kecil) pada validasi pertama dan 96,42% (dapat digunakan tanpa revisi) pada validasi kedua, oleh ahli media sebesar 75% (dapat digunakan namun perlu revisi kecil) pada validasi pertama dan 95% (dapat digunakan tanpa revisi) pada validasi kedua, oleh pengguna yaitu guru matematika kelas V sebesar 97,02% (dapat digunakan tanpa revisi). Hasil uji coba terbatas didapatkan persentase angket pendapat siswa sebesar 100% (dapat digunakan tanpa revisi) dan hasil uji coba keseluruhan didapatkan persentase angket pendapat siswa sebesar 98,7% (dapat digunakan tanpa revisi), sehingga LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan mendapatkan predikat sangat valid untuk digunakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70547

Actions (login required)

View Item View Item