Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan pemahaman <BR>konsep IPA pada pokok bahasan air Siswa Kelas IV SDN Kauman <BR>I Kota Malang / oleh Djarno Teguh Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan pemahaman <BR>konsep IPA pada pokok bahasan air Siswa Kelas IV SDN Kauman <BR>I Kota Malang / oleh Djarno Teguh Prasetyo

Prasetyo, Djarno Teguh (2005) Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan pemahaman <BR>konsep IPA pada pokok bahasan air Siswa Kelas IV SDN Kauman <BR>I Kota Malang / oleh Djarno Teguh Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (l) Rendahnya hasil belalar IPA srswa (2) Keinginan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa melalui eksperimen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisls hasil belajar kelompok siswa yang diajar dengan metode eksperimen kelompok siswa yang diajar dengan metode ceramah untuk pokok bahasan Populasi yang bisa drjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Kauman I Malang sebanyak ll0 siswa. Dari tiga kelas yang ada dua ditetapkans ebagasi ampel.D enganc ara itu diperoleh8 0 siswa sebagai Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan ranmngan ftian Pre-Test Post-Test One Group Design . tangkah-langkah penelitian sebagai berikut memberikan pre-test pada kelompok kontrol dan eksperimen perlakuanp engajarand enganm enggunakanm etode eksperimenp ada eksperimen dan untuk kelompok kontrol diben perlakuan pengajaran menggunakan metode ceramah memberikan post-test pada kelompok eksperimedna n kelompokk ontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa rerata skor post-test kelompok eksperimenle bih tinggi dari reratas kor post-teskt elompokk ontrol masing-masing adalahE 4 33d an 74 50.B erdasarkanp engujianh ipotesisy ang dilakukan terhadap kelompok eksperimcn dan kelompok kontrol diperoleh bahwa tfit 3 069 1 663 .(ta.s5K).a renat tu t bm aka hipotesisn ol ditolak dengank ata lain bahwah asil belajar siswa yang diajar dengan metode eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode cemmah. Metode eksperimen ternyata lebih sigrrifikan untuk meningkatkan pernahamank onsep IPA siswa pada pokok bahasanA ir daripada metode ceramah. Untuk itu disarankan pada guru agar menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan pokok bahasan yang akan disampaikaru tidak lranya dengan menggunakan metodec eramah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7054

Actions (login required)

View Item View Item