Peningkatan hasil belajar menggali informasi teks narasi melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) kelas V SDN Ngampel 1 Madiun / Nimas Erlitasari

Erlitasari, Nimas (2019) Peningkatan hasil belajar menggali informasi teks narasi melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) kelas V SDN Ngampel 1 Madiun / Nimas Erlitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Erlitasari, Nimas. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Menggali Informasi Teks Narasi Melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Kelas V SDN Ngampel 1 Madiun. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sri Murdiyah, M.Pd (II) Drs. H. Suhel Madyono, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: hasil belajar, menggali Informasi, circ Berdasarkan hasil observasi serta wawancara dengan guru dan siswa, diperoleh informasi bahwa: (1) siswa belajar secara mandiri dan pembelajaran tidak dilaksanakan secara berkelompok, (2) metode yang digunakan guru belum dapat mengaktifkan kegiatan siswa, (3) siswa belum memahami cara menggali informasi pada teks bacaan, (4) guru tidak meminta siswa untuk menyusun pertanyaan terkait dengan menggali informasi, (5) tidak ada kegiatan memperbaiki kalimat yang kurang tepat menjadi kalimat yang efektif, (6) terdapat 65,5% siswa yang belum mencapai nilai KKM. Selain itu, terdapat faktor yang menghambat yaitu kemampuan dan minat siswa yang kurang, siswa belum memahami makna teks atau bacaan, siswa tidak memperhatikan penjelasan guru di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan penerapan model pembelajaran CIRC pada pembelajaran menggali informasi teks narasi kelas V SDN Ngampel 1 Madiun, (2) menjelaskan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran menggali informasi teks narasi melalui model CIRC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan tahap setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 29 siswa dan guru model. Langkah analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan model CIRC dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan pemahaman siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari peningkatan persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 85% dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 97,5% dengan kriteria sangat baik. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 81,2% dengan kriteria baik dan pada siklus II menjadi 94,9% dengan kriteria sangat baik. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase KBK sebesar 69% dengan kriteria kurang dan pada siklus II meningkat menjadi 96,6% dengan kriteria sangat baik. Data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru, dan aktivitas siswa. Oleh sebab itu, guru disarankan agar dapat menerapkan model CIRC pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menggali informasi teks narasi untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70536

Actions (login required)

View Item View Item