Peningkatan hasil belajar menentukan gagasan pokok melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition pada siswa kelas IV SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih Kediri / Septyana Dwi Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar menentukan gagasan pokok melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition pada siswa kelas IV SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih Kediri / Septyana Dwi Susanti

Susanti, Septyana Dwi (2019) Peningkatan hasil belajar menentukan gagasan pokok melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition pada siswa kelas IV SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih Kediri / Septyana Dwi Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Susanti Septyana Dwi. 2019.Peningkatan Hasil Belajar Menentukan Gagasan Pokok melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition pada Siswa Kelas IV SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih Kediri. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sutansi M.Pd (II) Dra. Hj. Sri Murdiyah M.Pd Kata Kunci Peningkatan hasil belajar menentukan gagasan pokok model Cooperative Integrated Reading and Composition Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IV SD NU Insan Cendekia Ngadiluwih Kediri pada materi menentukan gagasan pokok ditemukan permasalahan (1) guru kurang dapat menggiring siswa untuk menjawab pertanyaan dari guru sehingga ketika kegiatan tanya jawab siswa pasif (2) guru tidak menjelaskan cara menentukan letak gagasan pokok yang benar (3) banyak siswayang kesulitan dalam memahami isi bacaan sehingga kesulitan dalam menentukan gagasan pokok (4) kebanyakan siswa menulis kembali atau menyalin tulisan pada kalimat yang ada di awal paragraf sebagai gagasan pokoknya (6) terdapat 76% atau 17 siswa mendapat nilai di bawah KKM . Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) mendeskripsikan penerapan model CIRC dalam meningkatkan kemampuan menentukan gagasan pokok (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menentukan gagasan pokok melaluimodel CIRC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan 2 siklus dengan tahapan (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran menentukan gagasan pokok dapat meningkatkan aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari peningkatan persentase ktivitas guru pada siklus I sebesar 89% dengan predikat baik meningkat menjadi 100% pada siklus II dengan predikat sangat baik. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yaitu persentase sebesar 82% pada siklus I dengan predikat baik menjadi 92% pada siklus II dengan prediat sangat baik. Serta juga terjadi peningkatan hasil belajar menentukan gagasan pokok meliputi aspek pengetahuan. Untuk hasil belajar siswa siklus I diperoleh persentase KBK sebesar 33% dengan predikat kurang sekali dan meningkat menjadi 100% pada siklus II dengan predikat sangat baik. Data tersebut menunjukkan bahwa penerapan Model CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa aktiivitas guru dan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam proses pembelajaran menentukan gagasan pokok hendaknya guru menggunakan model CIRC karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik dan dapat mengembangkan sikap berfikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70535

Actions (login required)

View Item View Item