Analisis unsur-unsur intrinsik dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Bunulrejo 2 Kota Malang / Putri Dwi Lestari

Lestari, Putri Dwi (2019) Analisis unsur-unsur intrinsik dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Bunulrejo 2 Kota Malang / Putri Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Lestari. Putri Dwi. 2019. Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Bunulrejo 2 Kota Malang. Skripsi, Progaram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Achmad Taufiq, M. Pd, (II) Yulia Linguistika, S.Pd, M.Ed. Kata Kunci : Analisis, unsur intrinsik, karangan narasi. Karangan narasi adalah suatu cerita yang memuat ide atau gagasan yang menjelaskan peristiwa atau kejadian yang terjadi sesuai dengan urutan waktu yang dialami. Unsur intrinsik dalam karangan narasi terdiri dari latar, alur, penokohan, sudut pandang dan amanat. Saat menulis suatu karangan narasi harus memperhatikan unsur-unsur intrinsik, tetapi ada beberapa siswa yang masih belum mencantumkan unsur intrinsik ketika mereka menulis suatu karangan narasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang unsur-unsur intrinsik dalam karangan narasi meliputi latar, alur, penokohan, sudut pandang, dan amanat. Sumber data diperoleh dari hasil karangan narasi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Bunulrejo 2 Kota Malang yang berjumlah 98 siswa. Penggunaan latar dalam karangan narasi siswa terdapat 34 siswa menggunakan 2 latar dan sebanyak 52 siswa yang menggunakan 3 latar waktu, tempat dan suasana. Penggunaan alur, terdapat 79 siswa yang menggunakan alur maju karena dianggap mudah dipahami dan sering mereka ketahui. Penokohan, hal ini memuat 2 tokoh yang relevan dengan isi cerita serta digambarkan dengan jelas dalam karangan narasi adalah sebanyak 61 siswa serta memuat 1 tokoh yang relevan dengan isi cerita serta digambarkan dengan jelas dalam karangan narasi sebanyak 25 siswa. Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama yang digunakan siswa adalah sebanyak 23 siswa dan sudut pandang orang pertama dan ketiga sebanyak 63 siswa. Dalam penggunaan amanat, terdapat 1 siswa yang telah menuliskan amanat secara tidak langsung (tersirat)/eksplisit dan terdapat 1 siswa yang telah menuliskan amanat secara langsung/implisit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70532

Actions (login required)

View Item View Item