Analisis kemampuan siswa sekolah dasar Kota Blitar dalam menyelesaikan soal HOTS matematika tipe open ended / Fitrio Andung Mardiansyah

Mardiansyah, Fitrio Andung (2019) Analisis kemampuan siswa sekolah dasar Kota Blitar dalam menyelesaikan soal HOTS matematika tipe open ended / Fitrio Andung Mardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mardiansyah, Fitrio Andung. 2019. Analisis Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Kota Blitar dalam Menyelesaikan Soal HOTS Matematika Tipe Open Ended. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing, (I) Drs. Suhel Madyono, M.Pd., (II) Yuniawatika, S.Pd, MPd. Kata Kunci: siswa sekolah dasar, hots, open ended Siswa dikatakan mampu menyelesaikan suatu masalah apabila siswa tersebut dapat menelaah suatu permasalahan dan dapat menggunakan pengetahuannya ke dalam situasi baru. Kemampuan inilah yang biasanya dikenal sebagai Higher Order Thingking Skills (HOTS). Penggunaan soal tipe open ended yang merupakan salah satu soal matematika dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi sangatlah diperlukan. Semenjak tahun 2018 Kementerian pendidikan dan kebudayaan mulai menerapkan soal bertipe HOTS pada ujian nasional pada jenjang SMP dan SMA sebagai upaya mengejar ketertinggalan standart internasional. Soal open ended yang merupakan salah satu soal tipe HOTS juga dapat diterapkan pada anak-anak SD sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa persen siswa kota Blitar yang dapat menyelesaikan soal pada level analisis, evaluasi, dan kreasi dan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa kota Blitar dalam menyelesaikan soal HOTS Matematika tipe Open Ended. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari siswa kelas V SDN Sananwetan 02, SDN Kepanjenkidul 01, dan SDN Pakunden 02. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah soal HOTS matematika tipe open ended sejumlah delapan belas. Intrumen ini telah lolos uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Hasil penelitian menunjukkan hanya sedikit siswa kelas V kota Blitar yang mampu menyelesaikan soal HOTS matematika tipe Open Ended level analisis yaitu sebanyak 34%. Sedangkan urutan kemampuan analisis berdasarkan konten matematika adalah yang pertama konten geomteri dan pengukuran sebesar 15%, urutan kedua konten bilangan sebesar 13 %, dan urutan ketiga konten statistika sebesar 7%. Pada level evaluasi, sebanyak 29% siswa kelas V kota Blitar mampu menjawab dengan benar soal HOTS matematika tipe Open Ended. Sedangkan urutan kemampuan berdasarkan konten matematika adalah konten statistika sebesar 13%, urutan kedua konten bilangan sebesar 8%, dan yang terakhir konten geometri dan pengukuran sebesar 7%. Level kreasi sebanyak 37% siswa kelas V kota Blitar mampu menjawab dengan benar soal HOTS matematika tipe Open Ended. Sedangkan urutan kemampuan berdasarkan konten matematika adalah 14% konten geometri dan pengukuran serta statistika. Dan urutan berikutnya adalah konten bilangan sebesar 9%. Kemampuan siswa kelas V kota Blitar dalam menyelesaikan soal HOTS matematika tipe Open Ended berada pada kategori sangat kurang yaitu sebanyak 89% siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70531

Actions (login required)

View Item View Item