Sari, Yulias Dwiana (2019) Penerapan model make a match untuk meningkatkan hasil belajar perjuangan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN 1 Tanggaran Kabupaten Trenggalek / Yulias Dwiana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vi RINGKASAN Sari Yulias Dwiana. 2019. Penerapan Model Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perjuangan Kemerdekaan Indonesia pada Siswa Kelas V SDN 1 Tanggaran Kabupaten Trenggalek. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd. (2) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd. Kata kunci hasil belajar perjuangan kemerdekaan Indonesia model make a match Berdasarkan hasil observasi terhadap pembelajaran IPS materi perjuangan kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN 1 Tanggaran menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah yaitu hanya 8 siswa yang mencapai KKM dengan persentase ketuntasan 33 3%. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena aktivitas guru dalam pembelajaran masih bersifat konvensional dan siswa belum terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model make a match pada siswa kelas V SDN 1 Tanggaran Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan masing-masing siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Jenis data terdiri dari data proses dan data hasil. Data proses berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa sedangkan data hasil berupa data hasil belajar pengetahuan dan keterampilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Kegiatan analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan model make a match dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar perjuangan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN 1 Tanggaran. Persentase aktivitas guru pada siklus I yaitu 84 3% meningkat pada siklus II menjadi 100%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu 78% meningkat pada siklus II menjadi 100%. Hasil belajar siswa pada tahap pratindakan diperoleh nilai rata-rata yaitu 62 3 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 33 3% termasuk kriteria perlu bimbingan. Pada siklus I rata-rata nilai pengetahuan siswa yaitu 76 8 dengan persentase 75% termasuk kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 86 3 dengan persentase 91 6% termasuk dalam kriteria sangat baik. Nilai rata-rata keterampilan siswa pada siklus I yaitu 77 6 dengan persentase sebesar 79 15% termasuk kriteria cukup memingkat pada siklus II menjadi 85 9 dengan persentase 93 7% termasuk kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a match dalam pembelajaran IPS materi perjuangan kemerdekaan Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Tanggaran. Dengan demikian disarankan kepada guru agar menerapkan model make a match dalam pembelajaran sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/70530 |
Actions (login required)
View Item |