Analisis isi buku siswa matematika untuk kelas V SD/MI kurikulum 2013 berdasarkan standar BSNP / Risna Fatma Jayanti

Jayanti, Risna Fatma (2019) Analisis isi buku siswa matematika untuk kelas V SD/MI kurikulum 2013 berdasarkan standar BSNP / Risna Fatma Jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jayanti, Risna Fatma. 2018. Analisis Isi Buku Siswa Matematika Untuk Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Berdasarkan Standar BSNP. Skripsi, Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Siti Umayaroh, S.Pd., M.Pd (II) Ni Luh Sakinah Nuraini, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: BSNP, Buku Siswa, Matematika, Kurikulum 2013 Penerapan Kurikulum 2013 di sekolah dasar menggunakan pendekatan tematik terpadu. Pada perkembanganya, mata pelajaran matematika dan PJOK di kelas tinggi (IV, V, dan VI) dipisahkan dari mata pelajaran tematik terpadu. Begitu juga dengan buku teks yang digunakan dalam pembelajaran, yang turut dipisahkan dalam buku teks yang berbeda. Buku teks sebagai bahan ajar, memberi pengaruh besar terhadap keberhasilan implementasi kurikulum 2013. Peneliti merasa perlu melakukan penelitian terhadap buku siswa matematika untuk kelas V SD/MI yang diterbitkan oleh Mediatama, karena buku teks tersebut telah digunakan dibeberapa sekolah dasar di Kota Malang. Diharapkan penelitian ini mampu memberi pertimbangan pemilihan buku teks yang akan digunakan di sekolah, serta meminimalisir dampak negatif yang mungkin terjadi apabila buku yang digunakan tidak sesuai dengan standar. Standar nasional untuk buku teks telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Penelitian ini berfokus pada kesesuaian isi yaitu: (1) kesesuaian isi ditinjau dari dimensi KI-2, (2) kesesuaian isi ditinjau dari dimensi KI-3, (3) kesesuaian isi ditinjau dari dimensi KI-4 pada buku siswa matematika untuk kelas V SD/MI yang diterbitkan oleh Mediatama menurut standar BSNP. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi (content analysis). Instrumen pedoman analisis yang digunakan berdasar pada kriteria penilaian buku teks pelajaran matematika tingkat SD/MI yang diterbitkan oleh BSNP (2016). Analisis data dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi dalam bentuk check list. Data hasil analisis dikategorikan dalam 2 kategori, yaitu sesuai dan tidak sesuai dan kemudian dikonversikan dalam persentase kesesuaian. Hasil analisis pada buku siswa matematika untuk kelas V SD/MI terbitan Mediatama, ialah sebagai berikut. (1) Kesesuaian pada dimensi sikap sosial (KI-2) sebesar 100%, tergolong kategori sangat baik. (2) Kesesuaian pada dimensi pengetahuan (KI-3) sebesar 96,6%, tergolong kategori sangat baik. (3) Kesesuaian pada dimensi keterampilan (KI-4) sebesar 82,1%, tergolong kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, buku siswa matematika untuk kelas V SD/MI terbitan Mediatama disarankan untuk digunakan dengan beberapa catatan atas materi yang belum sesuai. Bagi penerbit, penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi atau pertimbangan dalam meningkatkan kualitas buku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70528

Actions (login required)

View Item View Item