Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis budaya sekolah melalui kegiatan pembiasaan di SDN Dinoyo 1 Malang / Loviniantika Cahyaning Suseno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis budaya sekolah melalui kegiatan pembiasaan di SDN Dinoyo 1 Malang / Loviniantika Cahyaning Suseno

Suseno, Loviniantika Cahyaning (2019) Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis budaya sekolah melalui kegiatan pembiasaan di SDN Dinoyo 1 Malang / Loviniantika Cahyaning Suseno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Suseno Loviniantika Cahyaning. 2019. Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Budaya Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan di SDN Dinoyo 1 Malang. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Murtiningsih M.Pd. (II) Puri Selfi Cholifah S.Pd M.Pd. Kata Kunci Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Kegiatan Pembiasaan Program Penguatan Pendidikan Karakter merupakan sebuah program dalam pendidikan yang telah dilaksanakan oleh SDN Dinoyo 1 Malang sejak 2017. Salah satu basisnya yakni Penguatan Pendidikan Karakter berbasis budaya sekolah yang dapat dilaksanakan melalui kegiatan pembiasaan yang dibentuk dalam proses kegiatan rutin spontan pengondisian dan keteladanan warga sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pelaksanaan PPK berbasis budaya sekolah melalui kegiatan pembiasaan di SDN Dinoyo 1 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang diperoleh peneliti yakni tentang pelaksanaan PPK berbasis budaya sekolah melalui kegiatan pembiasaan dalam kegiatan rutin kegiatan spontan pengondisian dan keteladanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yakni observasi wawancara serta dokumentasi. Analisis data yakni menggunakan analisis data kualitatif dengan 3 tahapan yakni reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan yakni menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi data. Dari hasil paparan data dan temuan penelitian yang telah dilakukan diperoleh keterangan bahwa (1) kegiatan rutin di SDN Dinoyo 1 Malang meliputi upacara hari Senin pemeriksaan kebersihan badan piket kelas shalat dhuha shalat dhuhur berjamaah apel pagi berdoa sebelum pelajaran dimulai dan diakhiri dan mengucapkan salam apabila bertemu guru tenaga pendidik dan teman serta Selasa dan Jumat bersih (2) kegiatan spontan di SDN Dinoyo 1 Malang meliputi mengumpulkan sumbangan ketika ada teman yang mengalami musibah dan guru menegur peserta didik (3) pengondisian di SDN Dinoyo 1 Malang meliputi pengondisian sarana dan prasarana di kelas 3 pengondisian tata tertib kelas 3 poster katakata bijak toilet yang bersih tempat sampah yang memadai dan pengondisian halaman sekolah yang asri (4) keteladanan di SDN Dinoyo 1 Malang meliputi pemberian nasehat oleh guru dan pemberian contoh oleh guru. Kegiatan pembiasaan ini sudah mengandung nilai-nilai karakter sesuai dengan pedoman PPK. Hal yang masih perlu ditingkatkan dalam pelaksanaan kegiatan pembiasaan di SDN Dinoyo 1 Malang ini yakni partisipasi dan pengawasan guru dalam kegiatan mengucapkan salam shalat dhuha serta dhuhur berjamaah piket toilet sekolah serta Selasa dan Jumat bersih. Penanaman nilai karakter yang masih perlu ditingkatkan yakni nilai nasionalis khususnya subnilai disiplin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70527

Actions (login required)

View Item View Item