Indrawati (2019) Pengembangan instrumen tes setipe PISA untuk melatih kemampuan literasi matematika siswa kelas V SD Lab UM / Indrawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Indrawati 2019. Pengembangan Instrumen Tes Setipe PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V SD LAB UM Skripsi Jurusan Pendidikan Sekolah dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Yuniawatika S.Pd M.Pd (II) Suminah S.Pd M.Pd. Kata Kunci Instrumen Tes PISA Wondershare Quiz Creator Instrumen tes adalah suatu alat ukur atau alat evaluasi yang digunakan pendidik dalam mengumpulkan data dan informasi untuk kegiatan pengukuran. Selain itu instrumen tes harus dibuat sesuai dengan acuan dan mempunyai standarisasi dalam pembuatannya. Untuk itulah instrumen tes setipe PISA perlu dikembangkan. Dengan menggunakan standarisasi PISA maka siswa dapat berlatih soal-soal berstandar internasional. Selain itu instrumen tes setipe PISA dapat melatih kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan kepraktisan dan mengetahui kualitas instrumen tes. Validasi dilakukan oleh ahli materi ahli media dan pengguna (guru). Kualitas instrumen tes yang dianalisis antara lain validitas reliabilitas tingkat kesukaran butir soal dan daya pembeda butir soal. Rancangan penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Borg and Gall langkah pertama sampai keenam. Uji coba instrumen tes setipe PISA dilakukan dua kali yaitu uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Uji coba terbatas dilaksanakan kepada 3 siswa kelas V SDN Sentul I sedangkan uji coba lapangan dilaksanakan di SD LAB UM dengan jumlah 21 siswa kelas V. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi didapatkan persentase sebesar 97 22% oleh ahli media sebesar 95 83% oleh pengguna yaitu guru matematika kelas V sebesar 92 59%. Sehingga instrumen tes setipe PISA mendapatkan predikat sangat layak. Kemudian analisis kualitas instrumen tes mendapatkan hasil diantaranya 16 butir soal valid dan 14 butir soal tidak valid. Reliabilitas instrumen tes sebesar 0 52. Tingkat kesukaran instrumen tes menunjukkan bahwa 13 butir soal dalam kategori sukar 13 butir soal dalam kategori sedang dan 4 butir soal dalam kategori mudah. Sedangkan daya pembeda diperoleh hasil 8 butir sangat bagus 6 butir soal cukup bagus dan 16 butir soal kurang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/70526 |
Actions (login required)
View Item |