Penerapan model guided discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema benda-benda di sekitar kita pada siswa kelas V SDN 1 Wonorejo Kabupaten Tulungagung / Kharisma Septya Handini

Handini, Kharisma Septya (2019) Penerapan model guided discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema benda-benda di sekitar kita pada siswa kelas V SDN 1 Wonorejo Kabupaten Tulungagung / Kharisma Septya Handini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Handini, Kharisma Septya. 2019. Penerapan Model Guided Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Benda-Benda di Sekitar Kita Pada Siswa Kelas V SDN I Wonorejo Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (1) Dra. Lilik Bintartik, M.Pd., (2) Suminah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: model guided discovery, hasil belajar, ipa, tema benda-benda di sekitar kita Hasil observasi yang dilakukan di kelas V diketahui bahwa: (1) proses pembelajaran IPA menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, (2) tingkat keterlibatan siswa dalam pembelajaran masih kurang, dan (3) hasil belajar siswa masih rendah, yaitu dari 39 siswa hanya 11 siswa (28,20%) yang berhasil mencapai nilai KKM (≥75). Berdasarkan permasalahan tersebut maka diterapkan model guided discovery sebagai solusi untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, serta meningkatkan hasil belajar siswa pada tiga aspek (pengetahuan, sikap, dan keterampilan). Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penerapan model guided discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model guided discovery di kelas V. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN I Wonorejo Kabupaten Tulungagung sebanyak 39 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Selain itu model ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tiga aspek, yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Nilai pengetahuan siswa meningkat dari rata-rata kelas sebesar 69,8 (kurang) menjadi 80 (baik) dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 46% (sangat kurang) menjadi 90% (sangat baik). Nilai sikap percaya diri meningkat dari 44% (sangat kurang) menjadi 80% (baik). Sedangkan pada sikap kerja sama meningkat dari 46% (sangat kurang) menjadi 90% (sangat baik). Kemudian pada sikap rasa ingin tahu meningkat dari 56% (sangat kurang) menjadi 82% (baik). Nilai keterampilan juga mengalami peningkatan dari 36% (sangat kurang) menjadi 92% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model guided discovery yang dilaksanakan dengan sangat baik oleh guru dan diikuti dengan sangat baik pula oleh siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi IPA dari kurang menjadi baik. Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan model guided discovery di dalam proses pembelajaran serta mengembangkan model pada materi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70525

Actions (login required)

View Item View Item