Pengembangan booklet berbasis number sense materi penaksiran bilangan cacah, desimal, dan pecahan kelas IV SDN Tanggung 1 Kota Blitar / Nikmatul Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan booklet berbasis number sense materi penaksiran bilangan cacah, desimal, dan pecahan kelas IV SDN Tanggung 1 Kota Blitar / Nikmatul Rohmah

Rohmah, Nikmatul (2019) Pengembangan booklet berbasis number sense materi penaksiran bilangan cacah, desimal, dan pecahan kelas IV SDN Tanggung 1 Kota Blitar / Nikmatul Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmah Nikmatul. 2019. Pengembangan Booklet Berbasis Number Sense Materi Penaksiran Bilangan Cacah Desimal dan Pecahan Kelas IV SDN Tanggung 1 Kota Blitar. Skripsi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Yuniawatika S.Pd M.Pd. (II) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata Kunci Matematika Penaksiran Booklet Number Sense Matematika merupakan suatu muatan pelajaran yang sangat penting dipelajari mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan lanjutan. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SD kelas IV adalah menyelesaikan permasalahan penaksiran pada bilangan cacah desimal dan pecahan. Berbicara tentang bilangan erat kaitannya dengan kepekaan bilangan (number sense). Number sense adalah kemampuan seseorang terhadap bilangan dan operasi hitungnya dalam matematika. Number sense sangat penting dikuasai siswa saat belajar matematika akan tetapi rata-rata kemampuan number sense masihlah rendah. Untuk meningkatkan kemampuan belajar anak dalam materi penaksiran kepekaan bilangan dan mewujudkan pembelajaran matematika sesuai dengan konsep disusun bahan ajar non teks yang berbentuk booklet materi penaksiran berbasis number sense. Penelitian ini berbentuk penelitian dan pengembangan (R D) dengan memodifikasi langkah penelitian pengembangan model Borg dan Gall. Data yang diolah nantinya berbentuk deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada validator materi validator media validator bahasa pengguna guru kelas IV dan siswa SDN Tanggung 1 sejumlah 30 anak sedangkan data kualitatif didapat dari kritikan dan saran yang diberikan oleh validator dan pengguna. Berdasarkan uji kevalidan materi media bahasa dan pengguna. Validasi materi mencapai tingkat kevalidan 97% media 90% bahasa 92% dan pengguna 97%. Sedangkan dari segi kepraktisan mencapai 98%. Kevalidan produk masuk tingkat pencapaian interval 85 01%-100 00% yang dinyatakan sangat valid. Sedangkan kepraktisan produk masuk tingkat pencapaian interval 76 8804 P 8804 100 yang dinyatakan sangat praktis. Kevalidan dan kepraktisan produk didukung pula oleh data uji pemahaman anak tentang penaksiran yang semula hasilnya 38 53 meningkat menjadi 65 93. Dari hasil uji kevalidan dan keefektifan produk booklet dinyatakan sangat valid dan praktis. Selanjutnya produk booklet berbasis number sense dapat dievaluasi kembali dan disebarluaskan sebagai bahan ajar pada materi penaksiran. Di dalam penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan serta situasi dan kondisi yang sekolah butuhkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70524

Actions (login required)

View Item View Item