Peningkatan hasil belajar memahami isi dan amanat puisi menggunakan model Survey-Question-Read-Reflect-Recite-Review (SQ4R) pada siswa kelas IV SDN Pojok 2 Kabupaten Blitar / Adi Tri Atmaja

Atmaja, Adi Tri (2019) Peningkatan hasil belajar memahami isi dan amanat puisi menggunakan model Survey-Question-Read-Reflect-Recite-Review (SQ4R) pada siswa kelas IV SDN Pojok 2 Kabupaten Blitar / Adi Tri Atmaja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Atmaja, Adi Tri. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Memahami Isi dan Amanat Puisi menggunakan model Survey-Question-Read-Reflect-Recited-Review (SQ4R) Pada Siswa Kelas IV SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar. Skripsi. Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Esti Untari, S.Pd, M.Pd., (II) Dra. Sutansi, M.Pd. Kata kunci: hasil belajar, puisi, model SQ4R Berdasarkan hasil observasi terhadap pembelajaran memahami isi dan amanat puisi di kelas IV SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar menunjukan hasil belajar siswa dalam memahami isi dan amanat puisi tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar memahami isi dan amanat puisi disebabkan karena siswa tidak paham terhadap bacaan dan guru menyampaikan materi tidak runtut. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan serta meningkatkan hasil belajar memahami isi dan amanat puisi menggunakan model survey-question-read-reflect-recited-review (SQ4R) pada siswa kelas IV SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dirancang dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Model yang digunakan adalah model survey-question-read-reflect-recited-review (SQ4R) dengan jenis data berupa data hasil pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa, serta data proses berupa aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model SQ4R mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Pojok 02 Kabupaten Blitar. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata kelas yaitu 69 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) 45%. Pada siklus I persentase rata-rata nilai pengetahuan siswa 75% termasuk kategori cukup dengan persentase KBK 55% termasuk kategori kurang. Pada sklus II persentase rata-rata nilai pengetahuan siswa 85% dengan persentase KBK 90% termasuk kategori baik. Pada siklus I persentase rata-rata nilai keterampilan 58% dengan kategori kurang. Pada siklus II persentase rata-rata nilai keterampilan 83% dengan kategori baik. Pada siklus I nilai sikap siswa masih perlu perbaikan karena beberapa siswa belem mencapai batas kriteria sikap percaya diri, bertanggung jawab, dan jujur. Pada siklus II aspek nilai sikap sudah muncul pada seluruh siswa. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model SQ4R pada pembelajaran memahami isi dan amanat puisi dapat meningkatkan hasil belajar memahami isi dan amanat puisi pada siswa kelas IV SDN Pojok Kabupaten Blitar. Dengan demikian, hendaknya guru menerapkan model SQ4R dalam pembelajaran memahami isi dan amanat puisi untuk meningkatkan hasil belajar memahami isi dan amanat puisi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/70523

Actions (login required)

View Item View Item