Pemahaman konsep IPA pokok bahasan listrik melalui media <BR>seqib pada siswa kelas VI SD di Kecamatan Sukun Kota Malang / oleh Triana Kamiasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman konsep IPA pokok bahasan listrik melalui media <BR>seqib pada siswa kelas VI SD di Kecamatan Sukun Kota Malang / oleh Triana Kamiasih

Kamiasih, Triana (2005) Pemahaman konsep IPA pokok bahasan listrik melalui media <BR>seqib pada siswa kelas VI SD di Kecamatan Sukun Kota Malang / oleh Triana Kamiasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selama ini guru Sekolah Dasar dalam menyampaikan materi pelajaranI lmu PengetahuanA lam jarang menggunakana lat peraga-M ereka lebih suka menyampaikan materi dengan ceramah catat dan hafal. Sfuktur penyampaian materi pelajaran cendenrng sesuka hati. Tidak digunakannya media atau alat peraga dalam pengajaranI lmu PengetahuanA lam disebabkana ntara lpin minimnya pengetahuan guru mengenai cara mengoperasikan alat p raga yang sudah ade tidak adanya alat peraga yang tersedia di sekolatr penggun In ilat peraga dianggap mengurangi jam pembelajaran. Akibatrya pengajaran Ilmu pengetahuan Alam cenderung kembali ke konvensional lebih mengandalkan ceramah sebagai satu-satunya m tode yang dianggap simpel tidak merepotkan dan murah. Keberadaan media SEQIP di SD memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu guru meningkatkan kualitas proses belqiar mengajar karena selain sebagai alat peraga sebagai sarana bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang lebih efektil juga dapat meletakkan dasardasar yang konkret pada siswa untuk berpikir menemukan sendiri konsepkonsep IPA Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang p-Seumbb elajaran IPA terutama tentang teknik penanamank onsep materi Listrik pokok Bahasan Arus Listrik dan Sub Pokok Bahasan Rangkaian Listrik Secara Seri dan Paralel dengan menggunakan media SEQIP Maode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap SD di wilayah Kecamatan Sukun Malang yang diambil dengan menggunakan teknik random sampel. Instrumen penelitian berupa pedoman Pengamatan. Dari hasil analisis diperoleh data bahwa penanamank onsep Arus Listrik melalui media SEQIP pada siswa kelas w SD di Kecamatan Sukun Malang dilakukan dengan cara menyusun struktur pengajaran dengan tiga langkah kegiatan y aitu a) KegiatanA wat (pendahuluan)P. adat ahap ini guru menggali pengetahuana wal siswa tentang listrik denganm elakukant anya jawab 2) Guru mendemonshasikaanla t listrik yang terdiri dari baterei b ohlamd an kabel untuk memunculkan masalah Apa yang akan teriadi pada bohlam iika uiung kabel y-taanhgip s atu ditempelkan ke atas baterei (kutub positifl b) Kegiatan Inti Pada ini siswa melakukan percobaan dengan media SEQIP secara berkelompok mengamati mencatat dan menyimpulkan temuan konsep dari percobaan yang dilakukan. kemudian hasil kesimpulan tersebut digunakan untuk menjawab

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Nov 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7052

Actions (login required)

View Item View Item