Pelaksanaan program pelajaran kerajinan tangan dan kesenian <BR>kurikulum SD 1994 di SD Negeri Sekepengawasan Sukun 05 <BR>Kecamatan Sukun Kodya Malang / oleh Eny Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan program pelajaran kerajinan tangan dan kesenian <BR>kurikulum SD 1994 di SD Negeri Sekepengawasan Sukun 05 <BR>Kecamatan Sukun Kodya Malang / oleh Eny Wahyuningsih

Wahyuningsih, Eny (2005) Pelaksanaan program pelajaran kerajinan tangan dan kesenian <BR>kurikulum SD 1994 di SD Negeri Sekepengawasan Sukun 05 <BR>Kecamatan Sukun Kodya Malang / oleh Eny Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mantan narapidana (napi) kurang mendapatkan kepercayaan dari masyarakat pada umumnya sehingga mereka menjadi sulit memperoleh pekerjaan. Untuk mengangkat kehidupan bekas pelaku kejahatan tersebut pemilik UD. Galeri 76 memilih mantan napi sebagai tenaga pekerja di galerinya. Di UD. Galeri 76 para pekerja diberi suatu pembelajaran seni kerajinan tangan dari limbah bonggol bambu. Fokus penelitian Umum Bagaimana pembelajaran seni kerajinan tangan dari limbah bonggol bambu bagi mantan narapidana yang dilaksanakan di UD. Galeri 76 kebon Agung Malang . Khusus a) Apakah tujuan dari pembelajaran seni kerajinan tangan dari limbah bonggol bambu yang dilaksanakan di UD. Galeri 76. b) Metode apakah yang digunakan dalam proses pembelajaran. c) Materi apa saja yang diajarkan kepada peserta didik. d) Jenis kerajinan tangan apa saja yang dapat dikerjakan oleh peserta didik di. e) Siapakah narasumber dari kegiatan pembelajaran seni kerajinan tangan dari limbah bonggol bambu. f) Bagaimanakah cara merekrut mantan napi menjadi pekerja sekaligus peserta didik. g) Alasan merekrut mantan napi menjadi pegawai di UD. Galeri 76. h) Apakah UD. Galeri 76 mengadakan kontrol kualitas terhadap benda kerajinan yang diproduksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Peneliti mendeskripsikan atau menggambarkan dengan katakata secara sistematis dan akurat menganai faktafakta sifat serta hubungan antara fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan a) Teknik Observasi atau pengamatan b) teknik wawancara dan c) teknik dokumentasi. Seluruh data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut dikumpulkan kemudian dilakukan reduksi data pengolahan data dan penarikan kesimpulan guna menyusun dan mengabstraksi temuan lapangan. Keabsahan data diuji dengan beberapa metode a) perpanjangan waktu penelitian b) ketekunan atau keajegan pengamatan c) mendokumentasikan hasil wawancara d) Triangulasi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan alat bantu berupa catatan lapangan dan kamera handphone dan alat perekam suara dari handphone. Hasil penelitian pembelajaran seni kerajinan tangan dari limbah bonggol bambu bagi mantan napi di UD. Galeri 76 memiliki tujuan pembelajaran adalah untuk membekali para mantan napi agar memiliki keterampilas sebagai modal untuk bekerja dan menggunakan metode kajian lapangan. Suatu desain yang tengah dikerjakan dapat dikembangkan sesuai dengan imajinasi para pekerja pemilik galeri menyebut kegiatan pembelajaran dengan istilah instinct spontanitas dan menggunakan teori Humanisme dalam menjalankan proses pembelajarannya. Narasumber dalam pembelajaran kerajinan tangan tersebut adalah pemilik UD. Galeri 76. Perekrutan mantan napi sebagai pegawai di UD. Galeri 76 adalah dengan cara mengajukan proposal permohonan kepada pimpinan LP untuk menyalurkan napi yang akan habis masa hukumannya dalam waktu dekat. Pemilik galeri tersebut mencari para mantan napi sebagai pegawainya hingga ke kampungkampung di desa sekitar. Alasannya merekrut mantan napi sebagai pegawai antara lain a) Membimbing mantan napi agar dapat menjadi narasumber yang berfungsional. b) Membentuk sumberdaya manusia yang berguna dan menjadi tenaga yang profesional sehingga dapat menguntungkan. c) Memberdayakan manusia yang dianggap sebagai sampah masyarakat. Materi yang diajarkan antara lain a) Teknik pemilihan bahan baku. b) Teknik pembentukan perkriteria. c) Teknik penyambungan atau modifikasi bahan pembantu. d) Teknik proses kimia. e) Teknik pengeringan. f) Teknik Penghalusan. g) Finishing. Seluruh jenis kerajinan yang didesain dan diajarkan dapat dikerjakan oleh pegawai di galeri selaku peserta didik antara lain a) Lampu dinding kupukupu. b)Topeng dinding etnik. c) Bebek besar dan lainlain. Di UD. Galeri 76 diadakan kontrol kualitas barang kerajinan tangan hasil produksi aleri yang akan dipasarkan. Saran untuk pemilik galeri adalah harus tetap mengikuti perkembangan zaman teknologi dan memenuhi permintaan pasar akan barang kerajinan yang bernilai seni tinggi tanpa harus menghilangkan ciri khas dari barangbarang yang diproduksi. Kepada para pekerja disarankan untuk dapat meningkatkan kemampuannya dalam berkarya dengan terus belajar dan terus berlatih. Untuk Jurusan PLS disarankan agar jurusan PLS dapat berkembang melalui pemanfaatan limbah serta dapat menggali lebih dalam potensi mahasiswa PLS lebih jauh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Nov 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7051

Actions (login required)

View Item View Item