Pembelajaran membaca dan menulis permulaan dengan perpaduan metode bunyi dan SAS bagi siswa sekolah dasar kelas awal / oleh Luluk Herminaty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran membaca dan menulis permulaan dengan perpaduan metode bunyi dan SAS bagi siswa sekolah dasar kelas awal / oleh Luluk Herminaty

Herminaty, Luluk (2005) Pembelajaran membaca dan menulis permulaan dengan perpaduan metode bunyi dan SAS bagi siswa sekolah dasar kelas awal / oleh Luluk Herminaty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa sekolah dasar secara mutlak harus menguasai penguasaan kemampuabna ca t ulis dan hitung Tetapi berdasarkanh asil penelitian p endapat danp engamatatne ntangk emampuanm embacap ermulaans iswa sekolahd asar khususnya di Sekolah Dasar Negeri Bandulan 3 Kota Malang masih memprihatinkaSna. lahs atup enyebabk ekurangberhasilapne mbelajaranm embaca dinaksudd idugak arenaf aktor metodey ang digunakand alamp embelajaran. Penelitian ini bertu.juan mengatasi hambatan dalam penggunaan metode pembelajaran membaca permulaan di kelas I yaitu dengan mengembangkapne mbelajaranm embacap ermulaand engan perpaduanm etode bunyi dan SAS serta mengidentifikasi hambatan-hambatan dan cara mengatasinyPae. ngembangamn etoded ilakukand enganp erpaduanm etodeB unyi danS AS s edangkanp engembangapne mbelajarand ilakukand i dalamk elasI . Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Bandulan3 Kota Malang Siswa yang menjadi Subyek penelitianb erjumlah 45 orangy ang masuk pada awal tahun alaran2 004 I 2005. Penelitiani ni dilakukan padas emesteIr selama4 bulan yaitu mulai tanggal 19 Juli sampaid engan 19 Oktobe2r 004. Rancanganp enelitiany ang digunakana dalahp enelitiant indakan (action research) dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan dengan mengembangkan pembelajaranm engadakan pengamatan terhadap pelaksanaant indakan dan mengadakapne renungante rhadapp elaksanaanti ndakan pembelajaranm embaca permulaadne nganp erpaduanm etode Bunyi dan metode SAS. Prosesp enelitian ini dilakukans ecaras piral dan terus menerus s esuaik ebutuhan.I nstrumenu tama dalarpne nelitianin i adalahp enelitid an guru / praktisi d itunjango leh hasil catatan lapangan h asil wawancara dengan Kepala Sekolah dan guru foto kegiatan pembelajaradna nt es membacap adaa khir programp embelajaranT eknik analisis datayandgi gunakana dalaht eknik kualitatif. Pembelajaran membaca dilakukan dengan 2 macam teknik yaitu sebagabie rikut (l) Pembelajaranm emhacat anpab uku. Pembelajaranta npab uku ini bertujuan mempersiapkan dan mematangkan kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaramne mbacab uku (2) Pembelajaranm embacad enganb uku Langkah - langkahp embelajaranm embacad enganb uku dilakukand engant eknik berikut (1) Menirukan / membaca huruf dan suku kata dengan lafal yang tepat (2) Menirukan / membaca suku kata kata dan menggabungkan menjadi kalimat PEBPUSTAKUAI A4II sederhan(3a) Permainanm engisi kolom-kolom untuk membuat kata bermakna dan membacanya dengan lafal yang tepat (4) Memakai kartu huruf untuk menggabungkasnu ku kata kata menjadi kalimat sederhanat etapi bermakna. (5)M embacak alimat sederhanad engani ntonasid an lafal yang benar. Salah satu hambatan dalam pembelajaran membaca yaitu beberapa siswa mengalami kesulitan dalam rnembedakan suku kata na dan ma. Cara mengatasi hambatan dimaksud yaitu dengan memberikan latihan-latihan membackaa ta yang berkaitan dengans uku kata ma dan na sertam enekankanp ada siswau ntukm ecermatci iri-ciri dari bentukh uruf yang harusd ikenalio leh anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan / kemahiran siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Bandulan 3 Kota Malang dalam membaca dan rnenulis permulaan sangat memuaskan. Secara rinci hasil-hasil penelitian dimaksuda dalah sebagaib erikut. Tujuan pembelajarand imaksud adalah agar siswa mampu membaca suku kata kata kalimat dan wacana dengan lafal dan intonasyi angw ajar. Sedangkantu juan pemahamana gars iswam ampum emahami pesan lisan bermacam-macam cerita dan dapat melakukan percakapan dengan kalimats ederhana. Secara umum dapat dikatakan bahwa kemampuan membaca dan menulis siswa kelas awal dapat dipercepat dalam waktu kurang dari I semester hal ini dapat berhasil dengan pemakaian Perpaduan Metode Bunyi dan SAS Disarankanke padag uru agar menggunakanp embelajaranm embacad an menulis permulaadni sekolahd asard ensanm etodet ersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Nov 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7046

Actions (login required)

View Item View Item