Peningkatan hasil belajar matematika materi luas dan keliling persegi dan persegi panjang melalui model cooperative type think pair share di kelas IV SDN Karangtengah 3 Kota Blitar / Moh. Fikri Alfian

Alfian, Moh. Fikri (2019) Peningkatan hasil belajar matematika materi luas dan keliling persegi dan persegi panjang melalui model cooperative type think pair share di kelas IV SDN Karangtengah 3 Kota Blitar / Moh. Fikri Alfian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfian, Muhammad fikri. 2019. Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Dan Keliling Persegi dan Persegi Panjang Melalui Model Cooperative Type Think Pair Share Di Kelas IV SDN Karangtengah 3 Kota Blitar. Skripsi, Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H.M Zainuddin, M.Pd., (II) Ferril Irham Muzaki, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, luas dan keliling, persegi, persegi panjang, Think Pair Share. Kurangnya ketercapaian belajar pada materi menghitung luas dan keliling persegi dan persegi panjang disebabkan karena siswa masih kesulitan dalam memahami konsep luas dan keliling persegi dan persegi panjang. Sehingga ketika mengerjakan soal siswa masih terpaku dengan melihat rumus. Permasalahan ini disebabkan karena kurang keterlibatan siswa secara langsung pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Prosedur dalam penelitian tindakan kelas meliputi perencanaan, pelaksanaan observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran cooperative type think pair share pada materi luas dan keliling persegi dan persegi panjang di kelas IV SDN Karangtengah 3 kota Blitar. Diperoleh data hasil penelitian pada siklus I sampai siklus II sebagai berikut, siklus I diperoleh rata-rata persentase aktifitas guru 94% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 100%. Sedangkan rata-rata persentase siswa siklus I 88% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 100%. Pada hasil belajar aspek pengetahuan di siklus I diperoleh rata-rata 73,8 dengan persentase ketuntasan 62%. Dikarenakan persentase belum mencapai persentase ketuntasan yang ingin dicapai yaitu 80% maka dilakukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh rata-rata 83,4 dengan persentase 83 %. Sedangkan untuk hasil belajar aspek keterampilan diperoleh data pada siklus I pertemuan I sebanyak 10 siswa mampu memperoleh skor maksimal dan mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan II menjadi 13 siswa yang memperoleh skor maksimal. Selanjutnya pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang memperoleh skor maksimal mengalami peningkatan menjadi 16 siswa, dan pada siklus II pertemuan II jumlah siswa yang memperoleh skor maksimal meningkat menjadi 20 siswa. Dari data aktifitas guru dan siswa serta hasil belajar, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model TPS dapat meningkatkan hasil belajar materi luas dan keliling persegi dan persegi panjang di kelas IV SDN Karangtengah 3 kota Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7045

Actions (login required)

View Item View Item