Pengembangan cerita wayang (riyang) bergambar berbasis karakter gemar membaca bahasa Jawa untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Aim Mauludzatur Rohmah

Rohmah, Aim Mauludzatur (2019) Pengembangan cerita wayang (riyang) bergambar berbasis karakter gemar membaca bahasa Jawa untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Aim Mauludzatur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rohmah, Aim Mauludzatur. 2019. Pengembangan Cerita Wayang (RIYANG) Bergambar Berbasis Karakter Gemar Membaca Bahasa Jawa untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Esti Untari, S. Pd., M. Pd (2) Dra. Tri Murti, M. Pd Kata kunci: Pengembangan, Cerita Wayang, Bahasa Jawa SDN Karangtengah 2 merupakan salah satu sekolah dasar yang menerapkan muatan lokal bahasa Jawa. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa kelas IV SDN Karangtengah 2 yang berjumlah 30 siswa yang terdiri 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan, 24 siswa (72%) mengaku menyukai cerita pewayangan. Pembelajaran bahasa Jawa di kelas IV SDN Karangtengah 2 beralokasi waktu 2 jam perminggu. Buku bahasa Jawa yang digunakan adalah buku Tantri Basa adhedhasar Pergub Jatim No. 19 Tahun 2014 Muatan Lokal Bahasa Daerah Provinsis Jawa Timur lan KTSP 2013 dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Isi pada buku tersebut ketersediaan cerita pewayangan sangat terbatas, sedangkan minat baca siswa terhadap cerita pewayangan sangat tinggi. Buku cerita tentang pewayangan di perpustakaan sekolah juga belum tersedia. Berdasarkan paparan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar dengan judul ÔÇ£Pengembangan Cerita Wayang (RIYANG) Bergambar Berbasis Karakter Gemar Membaca Bahasa Jawa Untuk Siswa Kelas IV Sekolah DasarÔÇØ. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah untuk mengembangkan RIYANG yang valid menurut ahli materi, ahli media, guru sebagai pengguna dan siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model R & D dari Sugiyono. Prosedur penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan meliputi: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk. Pengembangan RIYANG sebagai bahan ajar dapat dikatakan berhasil. Hasil validasi produk oleh ahli materi 95 % masuk kategori sangat valid. Hasil validasi produk oleh ahli media 96,4% masuk kategori sangat valid. Hasil validasi guru 95,8% masuk kategori sangat valid. Hasil uji coba perseorangan 90% masuk kategori sangat valid. Hasil uji coba skala besar 96,9% masuk kategori sangat valid. Menurut hasil validasi dan uji coba produk, RIYANG sangat valid dan dapat digunakan sebagai bahan ajar. Selain itu, RIYANG juga dapat digunakan sebagai bahan bacaan diluar pembelajaran dan digunakan seluruh jenjang. RIYANG sebaiknya dapat dikembangkan lebih luas lagi judul-judul ceritanya, dapat dibuat cerita seri bergambar agar lebih menarik. Produk RIYANG juga dapat dikembangkan menjadi berbasis digital seperti video pembelajaran interaktif, powerpoint interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7040

Actions (login required)

View Item View Item