Peningkatan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran gasing kelas IV SDN Bumiayu 02 Malang / Lufian Nizar Dwi Rido - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran gasing kelas IV SDN Bumiayu 02 Malang / Lufian Nizar Dwi Rido

Rido, Lufian Nizar Dwi (2019) Peningkatan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran gasing kelas IV SDN Bumiayu 02 Malang / Lufian Nizar Dwi Rido. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Rido Lufian Nizar Dwi 2019. Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Model Pembelajaran GASING Kelas IV SDN Bumiayu O2 Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ni Luh Sakinah Nuraini S.Pd M.Pd. (II) Drs. Syaiful Imam S.Pd M.Pd. Kata kunci GASING cara mudah hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi karena permasalahan hasil belajar operasi hitung di kelas IVA. Terutama pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian. Pada materi operasi hitung perkalian ketuntasan klasikalnya hanya 45 7% atau 16 dari 35 siswa yang memenuhi KKM. Sedangkan pada materi pembagian ketuntasan klasikalnya 54 2% atau 19 dari 35 siswa yang memenuki KKM. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor diantaranya metode yang digunakan berupa hafalan belum menggunakan cara sederhana dan cara pengerjaannya masih beracuan pada modul. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Matematika kelas IV SDN Bumiayu 02 pada materi perkalian dan pembagian menggunakan model pembelajaran GASING yang didalamnya terdapat alternatif cara mudah. Alternatif caranya adalah tabel napier garis matika teknik menyilang teknik mencoret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Model yang digunakan dalam penelitian ini secara kolaboratif. Subyek penelitiannya adalah kelas IVA SDN Bumiayu 02 Malang yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dokumentasi catatan lapangan dan tes berupa soal evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran GASING dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat khususnya pada perkalian dan pembagian kelas IV SDN Bumiayu 02 Malang. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa tiap pertemuan mengalami peningkatan. Pada materi perkalian di siklus pertama pertemuan pertama ketuntasan klasikal siswa mencapai 68 5% atau 24 dari 35 siswa sudah mecapai KKM yang ditentukan selanjutnya pada pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat menjadi 85 7% atau 30 dari 35 siswa sudah sesuai dengan KKM. Pada materi pembagian di siklus kedua pertemuan pertama ketuntasan klasikal siswa mencapai 65 7% atau 23 dari 35 siswa sudah memenuhi KKM. Sedangkan dipertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat menjadi 82 8% atau 29 dari 35 siswa sudah sesuai dengan KKM yang telah ditentukan. Saran dalam penelitian ini bagi guru dapat dijadikan referensi dalam pembelajaran. Bagai peneliti lain dapat menjadi referensi apabila melakukan penelitian sejenis dan dapat dikembangkan menjadi lebih banyak variasi cara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7039

Actions (login required)

View Item View Item