Analisis muatan HOTS pada soal penilaian akhir semester gasal kelas V tahun ajaran 2018/2019 di Kabupaten Malang / Indri Laila Magdalina

Magdalina, Indri Laila (2019) Analisis muatan HOTS pada soal penilaian akhir semester gasal kelas V tahun ajaran 2018/2019 di Kabupaten Malang / Indri Laila Magdalina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Magdalina, Indri Laila. 2019. Analisis Muatan HOTS pada Soal Penilaian Akhir Semester Gasal Kelas V Tahun Ajaran 2018/2019 di Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Harti Kartini, M.Pd., (II) Yulia Linguistika, S.Pd., M.Ed. Kata Kunci: HOTS, soal, PAS Penilaian merupakan salah satu kegiatan yang ada pada proses pembelajaran, karena penilaian merupakan salah satu unsur yang ada pada proses pembelajaran. Pada penilaian hasil belajar terdapat 3 aspek penilaian salah satunya yaitu penilaian pada aspek pengetahuan. Pada penilaian aspek pengetahuan dibagi ke dalam 6 kategori dimensi proses kognitif. Penelitian ini dilakukan dikarenakan pada tahun ini di Kabupaten Malang sendiri masih pertama kalinya mengadakan soal PAS tematik mulai kelas 1 sampai kelas 6, sehingga masih belum fokus terhadap distribusi dimensi proses kognitif dan level HOTS pada soal PAS. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan distribusi dimensi proses kognitif dan mendistribusikan persentase soal yang tergolong HOTS pada soal Penilaian Akhir Semester (PAS) kelas V di Kabupaten Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method. Data penelitian yang digunakan yaitu dokumen resmi internal berupa soal PAS semester gasal kelas V di Kabupaten Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik isi yang disesuaikan dengan kriteria instrumen identifikasi soal HOTS berdasarkan pada Taksonomi Bloom yang telah direvisi oleh Anderson dan Krathwohl yang digunakan sebagai patokan dalam pembuatan instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan soal PAS semester gasal kelas V di Kabupaten Malang sebagian besar tergolong dimensi proses kognitif mengingat sebanyak 176 soal, 112 soal tergolong dimensi proses kognitif memahami, 18 soal tergolong dimensi proses kognitif menerapkan, soal tergolong dimensi proses kognitif menganalisis ditemukan sebanyak 26 soal, dimensi proses kognitif mengevaluasi ditemukan sebanyak 3 soal dan dimensi proses kognitif mencipta sebanyak 5 soal. Sehingga soal yang tergolong level HOTS ditemukan sebanyak 34 soal, soal tersebut dilihat dari banyaknya soal yang tergolong dimensi proses kognitif menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Pada soal PAS yang bermuatan HOTS didominasi oleh proses berpikir menganalisis. Bentuk dari soal tersebut lebih banyak berbentuk pilihan ganda. Jadi secara keseluruhan soal yang memiliki muatan HOTS pada soal PAS semester gasal kelas V di Kabupaten Malang sebesar 10%. Pada penyusunan soal PAS ke depannya diharapkan pada soal PAS distribusi dimensi proses kognitifnya dapat merata mulai C1-C6, selain itu dimensi proses kognitif C1-C6 harus merata bentuk soalnya dari bentuk soal pilihan ganda, isian singkat dan uraian. Soal yang tergolong level HOTS dapat disamaratakan dimensi vii proses kognitifnya mulai menganalisis, mengevaluasi dan mencipta, sehingga persentase soal HOTS dalam soal PAS dapat memenuhi ketentuan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7034

Actions (login required)

View Item View Item