Analisis implementasi model pembelajaran pada buku siswa kelas III tema 3 Benda di Sekitarku edisi revisi 2018 berdasarkan komponen saintifik / Dwi Rachmawati

Rachmawati, Dwi (2019) Analisis implementasi model pembelajaran pada buku siswa kelas III tema 3 Benda di Sekitarku edisi revisi 2018 berdasarkan komponen saintifik / Dwi Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Rachmawati, Dwi. 2019. Analisis Implementasi Model Pembelajaran pada Buku Siswa Kelas III Tema 3 Benda di Sekitarku Edisi Revisi 2018 berdasarkan Komponen Saintifik. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Nur Hanifah, M.Pd., (II) Dra. Murtiningsih, M.Pd. Kata Kunci: Buku siswa, Pendekatan saintifik, Model pembelajaran. Pendekatan saintifik diimplementasikan pada bahan ajar berupa buku siswa. Salah satu buku siswa yang mengimplementasikan pendekatan saintifik adalah buku siswa kelas III tema 3 Benda di Sekitarku edisi revisi 2018. Hasil dokumentasi terhadap bahan ajar dan penelitian sebelumnya ditemukan fakta bahwa langkah pembelajaran yang digunakan pada buku siswa masih sebagian yang sesuai dengan sintaks model yang dianjurkan pemerintah. Sebagai upaya mengetahui implementasi model pembelajaran berdasarkan komponen saintifik dalam buku, maka penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran berdasarkan komponen saintifik pada buku siswa kelas III tema 3 Benda di Sekitarku edisi revisi 2018. Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif ini, menghasilkan temuan bahwa buku siswa kelas III tema 3 Benda di Sekitarku telah mengimplementasikan pendekatan saintifik melalui model yang memperkuat pendekatan saintifik Dari 3 model yang memperkuat pendekatan saintifik yang termuat pada Permendikbud No 22 Tahun 2016, buku siswa kelas III tema 3 mengimplementasikan 2 model yaitu, model discovery learning dan problem based learning. Sedangkan model yang tidak diimplementasikan yaitu model project based learning. Dari 24 pembelajaran yang terdapat pada buku siswa kelas III tema 3 Benda di Sekitarku, terdapat 9 pembelajaran yang mengimplementasikan pendekatan saintifik melalui model yang memperkuat pendekatan saintifik. Dari 9 pembelajaran 7 pembelajaran mengimplementasikan model problem based learning dan 2 pembelajaran lain mengimplementasikan model discovery learning. Atas dasar temuan penelitian yang diperoleh maka peneliti menyarankan bagi pemerintah untuk memaksimalkan implementasi model pembelajaran yang berdasarkan komponen saintifik dalam pembelajaran. Bagi penulis buku, dapat lebih memperhatikan sintaks model yang digunakan dalam menyusun kegiatan pembelajaran pada buku siswa. Selain itu, bagi peneliti lain disarankan untuk mengembangkan cakupan penelitian yang lebih luas dengan menggunakan metodologi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/7033

Actions (login required)

View Item View Item